Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Hai Sahabat Agensi,

Dalam menangani pelanggan, pasti kita ingin agar mereka selalu mendapatkan pengalaman yang positif selama berkomunikasi dan melakukan transaksi dengan brand kita. Semakin positif Customer Experience yang mereka peroleh, akan membuat pelanggan akan semakin loyal dan melekat dengan brand kita. Karena itu kali ini kami akan membagikan 5 Tips Meningkatkan Pengalaman Positif Pelanggan:

1. Melakukan Mapping untuk tiap Pelanggan

Apabila kalian bekerja dalam bidang jasa, proses ini akan membantu interaksi kalian dengan pelanggan. Coba ilustrasikan dan catat tiap proses (mapping) yang kalian lakukan bersama dengan pelanggan. Mudahnya, sebagai contoh: misalkan ada perusahaan AC yang juga menyediakan layanan cuci AC. Kalau kalian memiliki catatan kapan AC mulai dibeli dan dipasang, maka kalian bisa membantu mengingatkan dan memberi penawaran apabila ini saatnya mencuci AC. Tentunya pelanggan tersebut akan sangat terkesan, karena kita memahami pelanggan satu-persatu sampai ke hal yang kecil sekalipun.

Ini bukan hal yang mudah, karena akan memakan waktu dan tenaga; tapi worth to try 🙂

1. Melakukan Mapping untuk tiap Pelanggan

Dalam usaha meningkatkan pengalaman positif pelanggan, kita perlu memperhatikan banyak aspek lain. Contohnya seperti:

  1. Marketing: apakah produk / jasa yang mereka terima sudah sesuai ekspektasi?
  2. Sales: apakah penjualan bulan ini meningkat atau menurun? Kalau menurun, perlu di-crosscheck kenapa penyebabnya.
  3. Customer Service: apakah sudah terjalin komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan?

3. Selalu Berinisiatif

Customer Experience tidak akan berubah menjadi positif dalam satu hari saja. Penting bagi perusahaan untuk selalu fokus pada interaksi dan berinisiatif membantu. Memperlakukan tiap pelanggan seperti VIP Customer, tentu akan membuat mereka jadi semakin menyenangi brand kita. Tapi tentunya bukan bertanya-tanya yang kepo ya, tapi cari momen yang tepat agar bisa bertanya. Misalkan saja, ketika pelanggan membuat status di social media tentang produk / jasa yang sedang bermasalah, kalian bisa mulai menghubungi mereka dan bertanya apakah ada yang bisa dibantu.

4. Kesuksesan Team = Kesuksesan Bersama

Jika diperlukan, bagikanlah data mengenai pelanggan kepada tim internal. Hal ini penting, agar kalau suatu hari representatif A tidak masuk kerja, representatif lain bisa memahami situasi yang ada dan membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan. Karena itulah kekompakan dan kesuksesan tim juga merupakan kesuksesan bersama.

5. Responsif terhadap Churn Rate

Churn Rate adalah persentase pelanggan yang memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk menggunakan layanan brand tertentu. Biasanya hal ini dipengaruhi dengan produk/jasa yang sudah tidak sesuai, atau ada pesaing lain yang mungkin harganya lebih murah.

Kalau repeat purchase atau subscriptions dari pelanggan berkurang, harus dipertanyakan kenapa bisa terjadi hal tersebut. Kalau memungkinkan, tanyakanlah kepada pelanggan tersebut kenapa memutuskan untuk berhenti berlangganan.

Dari feedback mereka, kita bisa mendapatkan insight baru untuk memperbaiki diri; sekaligus tetap menjaga interaksi dengan pelanggan tersebut agar mereka bisa kembali lagi sewaktu-waktu.

Demikian 5 Tips yang bisa kami bagikan hari ini, semoga berguna ya sahabat 🙂

————————————————————————————————————————-

Apakah kalian memiliki bisnis di Instagram? Lunaria Studio ingin membantu sahabat agensi yang ingin memaksimalkan kliennya mencari target ideal, dan membuat konten yang sesuai target market di Instagram dengan 3 cara:

  1. Belajar menerapkan ilmu memperoleh followers organik lewat BUKU Instagramarketing. Buku Instagramarketing adalah buku yang ditulis oleh tim Lunaria sebagai manual book untuk mengembangkan sebuah akun Instagram. Mau lihat testimoninya? Silahkan cek di www.instagramarketing.id
  2. Belajar langsung dengan mengikuti KELAS OFFLINE Instagram organik. Di kelas ini sahabat akan belajar mengenai cara mendapatkan follower organik dan penjualan di Instagram dengan cara organik tanpa mengeluarkan modal uang sedikit pun. Cek info dan testimonial orang yang sudah mengikuti di www.instagramarketing.id/kelas
  3. Cara terakhir ini mungkin merupakan cara yang termudah untuk sahabat yang ingin hasil akhir yang baik. Yaitu dengan menggunakan jasa pengelolaan Instagram oleh Lunaria Studio yang dapat sahabat lihat di https://lunariastudio.com/services/

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!