Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Hi sahabat, bagaimana bisnis kalian akhir-akhir ini? Apakah masih banyak menangani hal-hal yang kurang mengenakkan, seperti contohnya: komplain dari customer (pelanggan)? Yap, tak bisa dipungkiri bahwa berbisnis itu tidak lepas dari omelan atau protes dari customer. Terlepas dari siapa yang salah, tapi hal ini bisa saja terjadi kapan saja; termasuk di dalam bisnis online sekalipun. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kali ini kami akan membagikan 5 Tips Menangani Komplain Customer:

1. Kesampingkan Dahulu Emosi Anda

Customer yang tiba-tiba datang dan meluapkan protes mereka dengan meletup-letup memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Namun sebagai pengelola bisnis (atau orang yang juga menghandle bagian customer service) sebaiknya mengesampingkan emosii, dan berusaha mendengarkan keluh kesah customer dengan tenang terlebih dahulu, tanpa menginterupsi. Pastikan mereka merasa didengarkan.

2. Selidiki, Jangan Asumsi

Seringkali dalam situasi yang tidak mengenakkan, kita sering membuat asumsi sendiri; tanpa bertanya lebih lanjut tentang keluhan yang diberikan oleh customer. Saat customer komplain sesuatu, coba ajukan beberapa pertanyaan netral seputar keluhannya; supaya masalah utamanya bisa diketahui dan dicari jalan keluarnya.

3. Berikan Permintaan Maaf - Meskipun Tidak Salah

Hal ini mungkin akan sulit kalau kesalahan bukan pada anda, tapi pada customer anda. Tapi ketika batu bergesekan dengan batu; itu tidak akan menyelesaikan masalah apapun. Meski kesalahan bukan pada anda, tapi tetaplah minta maaf karena ada ketidaknyamanan ini, dan usahakan untuk memberikan solusi. Dengan melakukan permintaan maaf secara tulus, meski mungkin mereka tetap tidak senang hati; itu akan tetap meninggalkan impresi positif pada mereka.

4. Berikan Benefit

Meski terasa tidak masuk akal, tidak ada salahnya bila kita menawarkan benefit lain dari kejadian yang tidak mengenakkan ini. Misalnya: Voucher atau potongan diskon untuk pembelian berikutnya. Dari hal yang nampaknya simpel ini, kalau kita tulus melakukannya; bukan tidak mungkin di masa depan nanti customer tersebut malah menjadi customer yang loyal bagi bisnis kita.

5. Sabar & Tetap Tersenyum

Meski kadang menghadapi customer yang “aneh-aneh” itu membuat lelah mental dan pikiran, tapi tetaplah mencoba untuk sabar dan tetap tersenyum (misalkan saat berterima kasih), niscaya usaha kita tidak akan sia-sia kok 🙂 Nanti akan ada masanya dimana bisnis / toko kita dikenal sebagai bisnis yang sehat, ramah dan terpercaya.

————————————————————————————————————-

Apakah sahabat memiliki bisnis di sosial media; terutama Instagram? Kami punya beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan engagement akun Instagram sahabat:

1. Belajar menerapkan ilmu memperoleh followers organik lewat BUKU Instagramarketing. Buku Instagramarketing adalah buku yang ditulis oleh tim Lunaria sebagai manual book untuk mengembangkan sebuah akun Instagram. Mau lihat testimoninya? Silahkan cek di www.instagramarketing.id

2. Belajar langsung dengan mengikuti KELAS OFFLINE Instagram organik. Di kelas ini sahabat akan belajar mengenai cara mendapatkan follower organik dan penjualan di Instagram dengan cara organik tanpa mengeluarkan modal uang sedikit pun. Cek info dan testimonial orang yang sudah mengikuti di www.instagramarketing.id/kelas

3. Cara terakhir ini mungkin merupakan cara yang termudah untuk sahabat yang ingin hasil akhir yang baik. Yaitu dengan menggunakan jasa pengelolaan Instagram oleh Lunaria Studio yang dapat sahabat lihat di https://lunariastudio.com/services/

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!