Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Hai sahabat, melanjutkan artikel sebelumnya yang berjudul: Apa itu Instagram Shadowban & 5 Cara Menghindari Shadowban; kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui kalau kita sudah terkena Shadowban dan Bagaimana mengatasi Shadowban.

Biar kita bisa satu persepsi, jangan lupa baca dulu artikel yaa 🙂

Cara Mengetahui (Cek) Apakah Akun Kita Terkena Shadowban:

Untuk sementara ini hanya ada satu cara, yaitu CARA MANUAL. Yap, dengan cara cek satu-persatu.

Coba cek menggunakan HP lain atau akun lain yang tidak follow akun kalian, dan cari berdasarkan hashtag yang diinginkan.

– Apakah foto yang baru kalian upload itu keliatan di recent post? Jika iya, selamat. Mungkin akun kalian masih aman, tapi jangan lupa untuk cek semua hashtag yang kalian gunakan, untuk memastikannya.

– Tapi jika foto yang baru kalian upload itu tidak terlihat di recent post, jangan panik dulu.

Kalau soal cek akun yang kena Shadowban dengan link external / external tool; kami pernah mencobanya dan sejauh ini TIDAK ada reliable.

Cara Mengatasi Shadowban (Atau Cara Menghilangkan Shadowban):

*note: Tidak ada jaminan 100% bisa berhasil, tapi tidak ada salahnya dicoba.

1. Berhenti Posting Selama Beberapa Hari

Cobalah untuk “break” dari aktivitas di Instagram (minimal 3 hari), hingga kondisi ban ini hilang. Cara ini fungsinya kurang lebih sama seperti me-reset / refresh akun.

2. Hapus Semua Hashtag Dari Beberapa Postingan Terbaru

Kalau ini menyangkut pemakaian hashtag yang dianggap spamming (bisa jadi mungkin karena hashtag itu digunakan untuk upload foto yang inappropriate sehingga mendapat banyak report dari pengguna dan diblock oleh Instagram), cobalah untuk menghapus semua hashtag pada beberapa foto terbaru.

Lain kali ketika kalian mau upload foto, cobalah untuk memakai hashtag seperlunya (hanya memakai hashtag yang relevan) dan tidak memakai hashtag yang sama secara berturut-turut.

Coba kalian cek saja, apakah akhir-akhir ini kalian pernah menaruh rentetan hashtag pada komen? Jika iya mungkin bisa jadi itu penyebab akun kalian terkena Shadowban, karena dianggap spamming.

3. Kontak Instagram

Kalau dua cara di atas sudah dicoba tapi belum membuahkan hasil; ini saatnya kalian mencoba untuk melapor ke Instagram.

Caranya:

a) Pergi ke Setting, pilih opsi “Report a Problem” di bagian bawah tulisan Support > Report a Problem

b) Tulis problem kalian beserta dengan foto, kalau dalam kasus ini kalian bisa menuliskan deskripsi: “I am not being shown in the hashtags I have used for my post”.

Tapi jangan sebut kalau ini Shadowban, anggap saja kalian sedang di-hack atau sesuatu lainnya. Tunggu saja respon dari Instagram setelah itu.

Kami kira 3 tips di atas adalah yang paling efektif 🙂 Semoga berguna, dan kalau ada yang mau ditanyakan, dikoreksi, atau ditambahkan; silakan komen di bawah yaa.

————————————————————————————————————-

Selain selalu melakukan langkah preventif untuk menghindari Shadowban, kami punya beberapa saran yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan engagement akun Instagram:

1. Belajar menerapkan ilmu memperoleh followers organik lewat BUKU Instagramarketing. Buku Instagramarketing adalah buku yang ditulis oleh tim Lunaria sebagai manual book untuk mengembangkan sebuah akun Instagram. Mau lihat testimoninya? Silahkan cek di www.instagramarketing.id

2. Belajar langsung dengan mengikuti KELAS OFFLINE Instagram organik. Di kelas ini sahabat akan belajar mengenai cara mendapatkan follower organik dan penjualan di Instagram dengan cara organik tanpa mengeluarkan modal uang sedikit pun. Cek info dan testimonial orang yang sudah mengikuti di www.instagramarketing.id/kelas

3. Cara terakhir ini mungkin merupakan cara yang termudah untuk sahabat yang ingin hasil akhir yang baik. Yaitu dengan menggunakan jasa pengelolaan Instagram oleh Lunaria Studio yang dapat sahabat lihat di https://lunariastudio.com/services/

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!