Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Hi sahabat, apakah kalian pernah melakukan giveaway di Instagram? Entah itu alasannya karena ingin mengumpulkan lebih banyak followers, atau sekedar ingin mengapresiasi dukungan para followers di Instagram; mengadakan / membuat giveaway di Instagram itu agak tricky dan ada sisi positif dan negatifnya.

Pertama-tama kalian perlu tau kalo mau mengadakan giveaway di Instagram, harus siap dengan kenaikan dan penurunan jumlah followers yang drastis setelah giveaway berakhir. Why? Karena ada banyak orang yang hanya follow akun yang mengadakan giveaway; agar bisa dapet hadiahnya. Setelah giveaway berakhir, bisa jadi mereka akan langsung unfollow. Itulah yang dinamakan giveaway hunter.

Tapi kalau memang followers merasakan manfaat dari akun kalian, biasanya mereka akan tetap stay kok 🙂

Biasanya postingan yang mengandung giveaway bisa mendulang jumlah likes dan komen yang jauh lebih banyak, dan akun yang rutin mengadakan giveaway biasanya akan mengalami pertumbuhan yang lebih pesat dibanding yang tidak. Tapii.. Ya hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor lain 🙂

5 Tips Mengadakan Giveaway di Instagram yang Sukses dan Diikuti Banyak Peserta:

1. Sediakan Hadiah yang Menarik dan Dibutuhkan

Kami rasa sangat jarang sekali orang yang mau join giveaway yang hadiahnya tidak menarik dan tidak dibutuhkan. Misalkan saja: kalian giveawaykan kalender 2018 yang ada ilustrasi lucu. Siapa yang mau join? Ini sudah bulan Juli 2018 dan tidak ada orang yang butuh kalender di pertengahan tahun gini.

Lain halnya kalau kalian memberikan giveaway yang bendanya bisa bermanfaat bagi para followers. Misalkan saja akun Instagram kalian menjual kosmetik, adakan saja giveaway kosmetik. Hadiah tidak perlu yang terlalu mewah ataupun banyak, yang penting bermanfaat.

2. Jabarkan Rules Dengan Jelas, Singkat, dan Padat

Masih berhubungan dengan poin no 1, kalau kalian menyediakan hadiah yang bernilai tinggi; tentu kalian ingin peserta mengeluarkan effort yang lebih untuk memenangkannya. Tapi jika hadiah kalian tidak terlalu bernilai tinggi, sebaiknya tidak membuat  giveaway dengan peraturan yang terlalu sulit. Cara berpartisipasi yang cukup aman dan pada umumnya dilakukan adalah: Follow akun, like, comment dan tag teman (boleh beberapa teman).

3. Tentukan Cara Berpartisipasi

Tipe-tipe Kontes Instagram & Cara Berpartisipasi:

  1. Like to win: peserta harus like Instagram Post untuk ikut
  2. Comment to win: Peserta harus komen Instagram Post untuk berpatisipasi
  3. Mention / tag to win: Peserta harus mention teman di Instagram Post untuk berpartisipasi
  4. Photo Challenge: Peserta harus posting sebuah foto dengan hashtag tertentu
  5. Repost to Win: Peserta harus repost foto giveaway di Instagram dengan hashtag tertentu

4. Jangan Membuat Giveaway dengan Rules yang Terlalu Sulit

Berilah poin-poin wajib yang harus dilakukan untuk mengikuti giveaway ini. Jangan berbelit-belit dan terlalu panjang; karena rules yang terlalu panjang dan susah dimengerti biasanya akan menyurutkan keinginan orang untuk join.

5. Promosi Giveaway

Kalau akun kalian tidak memiliki followers yang banyak, sebaiknya promosikan giveaway kalian lintas platform agar semakin banyak orang yang mengetahui giveaway kalian dan mau join. Misal: promosi ke sosial media lain, website, blog, Instagram Story, email newsletter dan in-store signage (kalau kalian punya toko offline).

Demikian tips-tips agar kalian bisa mengadakan giveaway yang sukses dan diikuti banyak orang. Good luck 🙂

————————————————————————————————————-

Sudah melakukan cara-cara di atas tapi engagement di Instagram masih kurang maksimal? Kami punya beberapa saran yang dapat dilakukan:

1. Belajar menerapkan ilmu memperoleh followers organik lewat BUKU Instagramarketing. Buku Instagramarketing adalah buku yang ditulis oleh tim Lunaria sebagai manual book untuk mengembangkan sebuah akun Instagram. Mau lihat testimoninya? Silahkan cek di www.instagramarketing.id

2. Belajar langsung dengan mengikuti KELAS OFFLINE Instagram organik. Di kelas ini sahabat akan belajar mengenai cara mendapatkan follower organik dan penjualan di Instagram dengan cara organik tanpa mengeluarkan modal uang sedikit pun. Cek info dan testimonial orang yang sudah mengikuti di www.instagramarketing.id/kelas

3. Cara terakhir ini mungkin merupakan cara yang termudah untuk sahabat yang ingin hasil akhir yang baik. Yaitu dengan menggunakan jasa pengelolaan Instagram oleh Lunaria Studio yang dapat sahabat lihat di https://lunariastudio.com/services/

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!