Whatsapp : 0897 04100 89 [email protected]

Mengelola media sosial pastinya membutuhkan gambar-gambar yang dapat menarik follower untuk berinteraksi ataupun menambah jumlah follower.

Nah penasaran kan? Bagaimana sih caranya kok dengan begitu mudahnya banyak pengelola media sosial yang dapat membuat gambar bagus dengan cepat?

Apakah mereka mempunyai tim desain yang pintar? Mungkin..tapi pasti ada rahasia cepatnya!

Apakah mereka mempunyai kekuatan superpower? Pastinya tidak :).

Mau tahu kan? Yuk simak 6 cara untuk membuat gambar media sosial yang keren berikut :


1. Gambar Berkualitas Tinggi Bebas Royalti

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan gambar berkualitas tinggi. Carilah gambar yang bebas royalti agar Anda dapat menggunakan gambar tersebut untuk bermacam-macam keperluan.

Berikut merupakan daftar tempat dimana Anda dapat menemukan gambar berkualitas tinggi dan tentunya bebas royalti :

stocksnap.io unsplash.com
 gratisography.com  negativespace.co
 splitshire.com littlevisuals.co
 lifeofpix.com deathtothestockphoto.com
 superfamous.com picjumbo.com
 imcreator.com/free nos.twnsnd.co
getrefe.tumblr.com freestocks.org
 snapwiresnaps.tumblr.com jaymantri.com
 picography.co  mmtstock.com
kaboompics.com epicantus.tumblr.com

Jika Anda membutuhkan gambar dengan format berbeda (ikon, flat design, dsb) atau gambar dengan kualitas lebih tinggi. Anda dapat menggunakan Stockunlimited.com. Ya, pilihan ini berbayar, tetapi dengan 100.000 tiap 1 bulan Anda mendapatkan gambar yang berbeda-beda dan unik karena tidak semua orang dapat mengakses pilihan gambar yang ada.


2. Kombinasi Warna yang Menarik

Permasalahan terbesar berikutnya adalah untuk mencari pilihan warna yang menarik. Tanpa adanya latar belakang ilmu desain, pencarian warna merupakan tugas yang melelahkan. Apa ada cara otomatis? Ya ada!

Adobe Color CC dapat membantu Anda untuk mencari kombinasi warna yang menarik. Catatan : situs ini membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat diakses.

Ketika situs berhasil dibuka, akan ada 5 kotak warna. Pilih warna yang Anda suka pada kotak pertama, 4 kotak berikutnya akan menyesuaikan warna yang cocok dengan kotak pertama. Silahkan berkreasi!

Tampilan Adobe Color CC

Tampilan Adobe Color CC

Setelah menemukan kombinasi yang tepat, silahkan melihat kode warna dalam format RGB atau HEX kemudian masukkan ke aplikasi-aplikasi online. Semua aplikasi yang berhubungan dengan warna dapat menerima kode warna tersebut.


3. Cari Kode Warna

Ketika membuka website-website lain, mungkin Anda menemukan warna yang cantik. Permasalahannya, bagaimana cara untuk mengetahui kode warna tersebut? Ada 3 cara.

Untuk pengguna macOS, silahkan menggunakan aplikasi bawaan bernama “Digital Color Meter”. Untuk pengguna Windows, pilihan tim Lunaria jatuh kepada Instant Eyedropper karena penggunaanya yang mudah. Untuk pengguna sistem operasi lain yang menggunakan browser Chrome, Anda dapat menggunakan Colorzilla.

Tampilan salah satu "color picker"

Tampilan salah satu “color picker”


4. Gunakan Ikon

Jika penggunaan foto dianggap terlalu mainstream, Anda dapat membuat gambar bernuansa minimalis / flat. Biasanya tipe ini membutuhkan ikon-ikon dan avatar. Temukan banyak ikon dan avatar gratis di flaticon.com.

Avatar flaticon

Avatar flaticon

Icon flaticon

Icon flaticon


5. Kombinasi Font yang Indah

Setelah membuat gambar visual yang bagus. Tentunya ada kebutuhan untuk menambahkan informasi tambahan. Penambahan informasi ini biasanya menggunakan teks. Bagaimana cara untuk mencari kombinasi teks yang indah? Ada caranya juga!

Anda dapat menggunakan Femmebot. Di dalam situs tersebut, akan ada contoh kombinasi font-font gratis dari Google dan juga link untuk download. Karena font tersebut ada font gratis dari Google, maka font-font tersebut dapat diakses hampir dimana saja (selama mendukung Google Font). Jika tempat lain tidak mendukung Google Font, maka dengan mudahnya disediakan link download di situs tersebut.

Tampilan Femmebot

Tampilan Femmebot


6. Menggabungkan Semua Elemen Visual

Setelah mempunyai foto, ikon, dan font yang pas, apa yang seharus nya dilakukan? Tentunya menggabungkan ketiga unsur tersebut. Caranya? Tenang saja! Kami mempunyai cara yang lebih mudah dibandingkan dengan menggabungkan lewat aplikasi Adobe Photoshop. Yaitu menggunakan Canva.

Situs ini merupakan situs gratis untuk menggabungkan semua elemen visual yang sudah Anda miliki. Memang ada pilihan berbayar yang tentunya memiliki fitur yang lebih baik. Tetapi jika digunakan untuk membuat konten media sosial, menggunakan Canva mode gratis sangat cukup sekali.

Di dalam Canva, Anda dapat melakukan upload untuk gambar atau ikon yang sudah dikumpulkan. Menambah teks juga menjadi sangat mudah.

Tampilan canva

Tampilan canva

Bagaimana? Apakah dengan cara ini proses pembuatan konten media sosial menjadi lebih mudah?
Apakah ada cara lain yang lebih mudah atau sama mudahnya dibandingkan cara diatas? Yuk bagikan dengan para pembaca di bagian “Comment” dibawah! 🙂

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!