Whatsapp : 0897 04100 89 [email protected]

UPDATE FEBRUARI 2016 : Sekarang Lunaria Studio dapat memberitahu jadwal follower aktifmu dengan AKURAT! Tidak perlu menebak-nebak lagi! Kami mengembangkan sebuah data analisis Instagram bernama Lunaria Report yang terdiri dari 40 data! Sekarang kamu bisa mengetahui jadwal aktif follower dan mengukur performa Instagram tanpa menebak-nebak! Klik disini untuk memeriksa sekarang.

Setelah memilih media sosial yang tepat untuk melakukan pemasaran, pertanyaan berikutnya yang muncul adalah bagaimana cara memulai dan kapan waktu dan hari yang tepat untuk melakukan posting?

Dua hal tersebut sangat normal untuk ditanyakan, mengingat untuk membuat sebuah konten memerlukan waktu dan perencanaan.

bulb

CARA MEMULAI


  • Pertama kali yang harus dilakukan adalah melengkapi informasi-informasi pada profil akun Instagram Anda dan ingatlah untuk memberikan foto profil (profile picture). Memulai proses pemasaran tanpa foto profil yang jelas akan sangat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap usaha anda.
  • Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu konten yang disediakan (gambar ilustrasi atau foto) cukup untuk beberapa hari kedepan. Mengapa? Karena posting secara rutin dapat meningkatkan tingkat keakraban follower dan visibilitas usaha Anda.
  • Lakukanlah pemasaran dasar dari mulut ke mulut kepada teman-teman, rekan-rekan, dan keluarga Anda. Langkah ini sangat penting karena  Anda dapat mengumpulkan informasi-informasi, melakukan percobaan, dan mendapatkan masukan sebelum memasarkan produk ke pasar yang lebih luas.
  • Setelah Anda yakin bahwa produk dapat mulai dipasarkan lebih luas, Anda dapat mempercepat penyebaran dengan tetap melakukan pemasaran dari mulut ke mulut atau menggunakan jasa marketing media sosial.

Contoh profil Instagram lengkap :

Contoh profil Instagram lengkap

clockluna

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN POSTING DI INSTAGRAM


Masih berhubungan dengan konten, konten yang baik adalah konten yang mempunyai misi. Walaupun posting konten telah dilakukan rutin, tindakan tersebut tidak serta merta mengundang banyak orang untuk mem-follow Anda. Cek disini bagaimana cara membuat konten media sosial yang baik. Waktu juga sangat berpengaruh.

Berikut data yang telah kami kumpulkan untuk perkiraan waktu dan hari yang paling tepat untuk posting pada media sosial Instagram di Indonesia (dapat dilihat pada gambar sebelah kanan).

Aktifitas Instagram masyarakat Indonesia dimulai pada jam 8 pagi. Puncak berada antara jam 12 siang sampai jam 6 malam. Disinilah masyarakat Indonesia banyak melakukan aktifitas Instagram.

Hal lainnya yang berpengaruh adalah kategori produk anda. Produk yang digunakan oleh masyarakat umum dan bersifat informatif biasanya berpuncak antara jam 12 siang sampai jam 6 malam. Berbeda dengan bidang kategori yang sifatnya menghibur (komedi), selain pada jam-jam tersebut, puncak kepadatan juga terjadi pada malam hari antara jam 9 malam sampai 11 malam.

GMT +7 Waktu Jakarta – Account Instagram Produk Umum (A)

GMT +7 Waktu Jakarta – Account Instagram Produk Umum (B)

Sekarang Lunaria Studio dapat memberitahu jadwal follower aktifmu dengan AKURAT! Kami mengembangkan sebuah data analisis Instagram bernama Lunaria Report yang terdiri dari 40 data! Sekarang kamu bisa mengetahui jadwal aktif follower dan mengukur performa Instagram tanpa menebak-nebak! 🙂

GMT +7 Waktu Jakarta – Account Instagram Produk Makanan Organik (Kesehatan) (A)

GMT +7 Waktu Jakarta – Account Instagram Produk Makanan Organik (Kesehatan) (B)

threefingluna

SEBERAPA BANYAK POSTING YANG HARUS DILAKUKAN TIAP HARI


Instagram adalah media sosial yang dibuat untuk sharing gambar atau foto dengan kualitas tinggi. Tentunya sharing ini pun ada batasannya.

Batasan apa yang dimaksud? Yaitu batasan jumlah posting yang sebaiknya dilakukan tiap hari.

Lunaria menyarankan maksimal posting yang dilakukan adalah 3 kali per hari. Tentunya pada jam-jam ketika follower Anda aktif (tidak berbarengan).

Posting terbaik yang paling efisien adalah 1 kali per hari. Karena membuat konten Instagram yang berkualitas sangat membutuhkan waktu dan tenaga, ada baiknya untuk melakukan posting pada waktu yang sangat tepat (tidak membuang-buang konten).

Jika Anda sangat sibuk, posting 1 kali tiap 2 hari masih OK, walaupun dari data kami, performa* yang didapat masih lebih bagus posting 1 kali per hari.

*performa yang dibandingkan adalah usaha online yang bergantung pada Instagram saja dan tidak memiliki toko fisik.

Bagi pengusaha yang bergerak di bidang fashion atau yang mempunyai  tipe barang sangat banyak, sangat tidak direkomendasikan untuk melakukan posting banyak dalam kurun waktu yang singkat.

Banyak sekali akun-akun usaha yang melakukan posting dalam jumlah banyak (lebih dari 30 post dalam satu kurun waktu bersamaan). Dengan alasan mempunyai tipe barang dagangan  yang banyak. Ini sangat merugikan karena :

  • follower akan merasa risih karena wall Instagram mereka akan terlihat “kotor” berisi foto-foto Anda
  • tidak efektif. Tidak semua orang mengakses Instagram pada saat yang bersamaan. Posting Anda kemungkinan besar akan tertumpuk oleh posting orang lain. Dan melakukan spam posting bukanlah solusi yang tepat.
Bayangkan wall Instagram Anda dipenuhi oleh foto-foto jenis seperti ini? Tidak menarik kan?

Bayangkan wall Instagram Anda dipenuhi oleh foto-foto jenis seperti ini? Tidak menarik kan?

Dengan informasi ini, apakah Anda siap untuk melakukan proses pemasaran produk Anda? Lakukan konsultasi dengan kami jika ada pertanyaan-pertanyaan lanjutan!

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!