Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

APA ITU SHADOW BAN?

Halo sahabat, kali ini tim Lunaria ingin membahas informasi yang sedang hangat dibicarakan oleh komunitas Instagram dan 3rd party developer Instagram. Apakah itu?

>> SHADOW BANNING <<

Jadi shadow banning ini adalah sebuah tipe ban. Sebelumnya jika sebuah akun di ban (permanen maupun sementara), maka 100% akun tersebut tidak akan dapat melakukan aktifitas ataupun malahan tidak dapat login sama sekali (dihapus). Nah shadow ban yang dilakukan oleh Instagram ini sifatnya lebih halus, melimitasi jangkauan post sahabat.

Jadi sepertinya tidak terjadi apapun, tetapi di balik layar, segala aktifitas sahabat mempunyai limit yang sangat minim. Terutama jangakuan.

Sebelumnya kami pernah membahas mengapa sebuah post tidak muncul pada sebuah hashtag. Ternyata hal ini merupakan algoritma tes Instagram untuk melakukan shadow banning lebih luas. Gunanya apa sih? Tentunya untuk melindungi komunitas pengguna Instagram terhadap bot-bot yang melakukan eksploitasi. Terutama yang tidak resmi menggunakan API Instagram.

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI SAYA TERKENA SHADOW BAN?

Ada 2 cara yang efektif untuk melakukan cek apakah sahabat terkena shadow ban atau tidak :

1. Jika akun sahabat merupakan akun bisnis DAN melakukan posting setiap hari. Maka cek di Insight yang ada. Lihat bagian impression dan reach. Jika angka yang ada turun drastis, maka kemungkinan sahabat terkena shadow ban.

Catatan : cara ini kurang akurat jika sahabat tidak melakukan posting setiap hari, tidak menggunakan hashtag, dan sebelumnya tidak pernah melihat data pada insight (karena tidak dapat membandingkan dengan kondisi sebelum terkena shadow ban).

2. Jika cara nomor 1 tidak bisa, maka sahabat bisa melakukan cek hashtag. Caranya :

  • Coba tes pada 1 post baru dengan beberapa hashtag yang sahabat sering pakai. Tetapi cek terlebih dahulu! Jangan menggunakan hashtag yang sedang di ban oleh Instagram (cara mengetahui silahkan klik artikel ini). Jika menggunakan salah satu hashtag yang telah di ban, maka post sahabat tidak akan muncul di semua hashtag.
  • Langsung lakukan search pada hashtag tersebut menggunakan akun Instagram lain yang tidak melakukan follow terhadap akun yang ingin dites. Apakah post langsung muncul? (Jika sahabat menggunakan hashtag yang terlalu banyak penggunanya, bisa jadi post sahabat tertumpuk post yang lebih baru.)

MENGAPA SAYA TERKENA SHADOW BAN?

Apakah sahabat ingat akhir tahun 2014 dimana banyak user Instagram yang kehilangan follower secara drastis? Saat itu adalah tahun-tahun dimana bot-bot untuk membuat user baru Instagram sedang marak. Tahun tersebut adalah tahun dimana Instagram mulai dapat menandai (flagging) user Instagram yang mempunyai aktifitas tidak normal. Instagram tahu, tetapi akun tidak dihapus karena Instagram belum mempunyai cara ampuh mendeteksi apakah sebuah akun murni 100% bot. Nampaknya sekarang mereka sudah punya.

Berikut mengapa sahabat terkena shadow ban :

1. BELI FOLLOWER APAPUN

Entah apa yang dijanjikan oleh penjual follower, tipe pasif kek.., tipe aktif kek.. dripping kek (nambah pelan-pelan).. Semua produk yang dihasilkan oleh “bot” mempunyai pola tertentu. Pola tersebut dengan mudahnya diamati, dari segi username, profile picture, konten, dsb.

Dari pola tersebut Instagram sudah melakukan flagging terhadap akun-akun yang dicurigai, tetapi tidak dapat melakukan action apapun karena mereka sendiri belum yakin (tidak ada aktifitas bot yang drastis).

Jadi apapaun alasan sahabat ketika melakukan pembelian follower, entah itu untuk mendorong orang lain agar melakukan follow ataupun lainnya, sebenarnya Instagram sudah mengetahui akun mana saja yang mempunyai follower palsu.

2. MENGGUNAKAN SOFTWARE ILEGAL

Untuk mengetahui apakah sahabat menggunakan software ilegal, silahkan cek menggunakan cara pada artikel ini. Intinya jika software yang sahabat gunakan tidak muncul pada halaman “manage application”, maka software tersebut tidak menggunakan API Instagram secara resmi. Cek legalitas Lunaria disini.

3. MENGGUNAKAN HASHTAG YANG TELAH DI BAN INSTAGRAM

Untuk mengetahui daftar hashtag yang telah di ban silahkan melihat daftar ini.

4. MELAKUKAN AKTIFITAS (FOLLOW, LIKE, DSB) MELEBIHI LIMIT

Banyak sahabat bertanya kepada kami, mengapa akun mereka dihapus seketika oleh Instagram ketika membuat akun baru. Kebanyakan yang dilakukan adalah dalam 1 hari pada hari yang sama membuat akun, langsung melakukan follow ke 100 orang sekaligus. Hal ini melebihi limitasi yang diperbolehkan Instagram.

Limitasi sebuah akun Instagram berbeda tiap akun, tergantung umur akun dan popularitas. Cara mengetahui limitasi tersebut? sayangnya untuk pengguna biasa tidak bisa.

5. AKUN SERING DILAPORKAN

Proses pelaporan akun dulunya mungkin memakan 2 minggu sampai 1 bulan untuk ditindaklanjuti. Sekarang proses pelaporan akun sangat cepat, dalam hitungan 2 hari – 3 hari sahabat akan mendapatkan notifikasi follow up tentang pelaporan.

Artinya? Jika sahabat melakukan proses random walaupun tidak menggunakan bot, seperti follow, like, dsb tetapi tidak tertarget. Masih besar kemungkinan akun sahabat akan terkena shadow ban (atau mungkin dihapus).

CARA MENGEMBALIKAN AKUN MENJADI NORMAL

Mau menjadi normal? Caranya sangat mudah :

1.  Jangan melakukan semua aktifitas diatas yang menjadi alasan akun sahabat terkena shadow ban 🙂

2. Kelola lah Instagram seperti seorang manusia mengelola sebuah akun media sosial.

Karena sekarang jamannya instan dan tools-tools online instan lain. Sahabat mungkin sudah terbiasa dengan hal yang efeknya segera.

Konten yang buat adalah orang lain, diupload oleh orang lain juga, follower tinggal beli, like tinggal beli, comment dicuekin (malah dimarahin kalau tanyanya sama terus), pas comment pun isinya copy paste dengan format tertentu semua. Semuanya bersifat “robot”.

Hayo?

3. Ubah akun ke personal akun

Cara ini sebenarnya tim Lunaria tidak 100% setuju, tetapi banyak dibahas pada komunitas developer Instagram. Yaitu dengan mengubah akun bisnis kembali ke akun personal. Mengapa?

Alasannya cukup sederhana. Facebook sebelumnya terkenal dengan membatasi jangkauan Facebook Page agar pemilik bisnis menggunakan Facebook Ads. Sama halnya dengan Instagram for business, bisa jadi akun bisnis Instagram sengaja dibatasi jangkauannya agar menggunakan Instagram Ads.

Hubungannya dengan shadow ban? Akun bisnis Instagram yang pertama kali akan dicek sehingga lebih rentan terkena shadow ban.

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!