Hai sahabat, akhir-akhir ini (September 2016) Tim Lunaria sering sekali mendapatkan pertanyaan mengenai foto yang tidak muncul pada hashtag Instagram. Berikut adalah alasan mengapa foto sahabat tidak muncul setelah menggunakan hashtag :

1. PROBLEM DARI PIHAK INSTAGRAM

Tahun 2015 kami pernah menanyakan hal yang sama dan menemukan jawaban bahwa terjadi keterlambatan penampilan foto pada sebuah hashtag. Foto sahabat tetap tercatat pada sebuah hashtag, tapi tidak tampil. Sahabat dapat mencoba sendiri dengan cara :

  • upload foto dengan hashtag yang sama sekali tidak pernah dipakai orang lain
  • buka Instagram.com di desktop PC (bukan mobile di smartphone)
  • search hashtag yang tadi digunakan (https://www.instagram.com/explore/tags/[hashtag yang digunakan]/

problemhashtaginstagram

 

2. PERATURAN BARU INSTAGRAM MENGENAI HASHTAG

alasankontentidakmunculdihashtag

Dari gambar diatas, sahabat dapat melihat bahwa hashtag yang banyak digunakan oleh konten yang sedang dilaporkan oleh pengguna, akan sementara di sembunyikan. Maka jika hashtag tersebut tetap sahabat gunakan, konten tetap tidak akan muncul. Skenarionya seperti ini :

Semisal ada beberapa konten yang dilaporkan oleh pengguna Instagram, konten-konten yang dilaporkan semuanya menggunakan #kucinglucu. Maka jika sahabat menggunakan #kucinglucu, konten sahabat akan disembunyikan sementara sampai Instagram selesai memproses konten yang dilaporkan.

Masalahnya muncul ketika konten selesai diproses, kebanyakan konten sahabat akan tertimbun konten-konten dari orang lain yang menggunakan hashtag tersebut. Dikarenakan urutan penampilan konten pada sebuah hashtag adalah berdasarkan waktu. Semakin baru, semakin tampil di bagian atas (dibawah bagian top post).

 

3. “BROKEN HASHTAG” & BANNED HASHTAG

Ketika sahabat menggunakan sebuah hashtag yang termasuk pada kategori broken hashtag ataupun banned hashtag, maka hashtag-hashtag yang lain teranulir. Yang artinya, konten sahabat tidak akan tercatat di hashtag-hashtag lain selama ada broken hashtag atau banned hashtag. Contoh :

#photography termasuk broken hashtag. Jika sahabat melakukan posting konten dengan hashtag : #lagiselfie #goodmorning #photography , maka konten sahabat tidak akan tercatat di #lagiselfie dan #goodmorning.

Untuk mengetahui hashtag-hastag apa saja yang termasuk broken hashtag dan banned hashtag, silahkan klik halaman ini.

SOLUSI

Satu-satunya solusi yang dapat diambil adalah jika permasalahan yang ada disebabkan oleh alasan nomor 3. Caranya adalah dengan menghilangkan dan tidak menggunakan broken hashtag dan banned hashtag.

Untuk permasalahan nomor 1 dan 2, pengguna tidak dapat memperbaiki hal ini karena “masalah” ada di sisi Instagram.

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!