Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Sadar atau tidak, tiap tujuan tertentu pasti membutuhkan langkah-langkah konkrit maupun langkah-langkah panduan untuk mencapainya. Kali ini tim Lunaria Studio ingin membahas tentang langkah-langkah panduan yaitu 5 langkah rahasia agar produk dibeli di media sosial.

Memahami Lebih Dahulu Hirarki Maslow

catatan : hirari Maslow bukan 5 rahasia langkah utama yang ada pada artikel ini, tetapi memahami hirarki ini sangatlah penting.

Hirarki Maslow adalah sebuah hirarki yang diciptakan oleh Abraham Maslow untuk lebih memahami kebutuhan manusia. Hirarki ini berbentuk piramida karena mempunyai alasan tertentu. Alasan utama adalah karena tanpa tingkat dibawah, maka tingkat atas tidak akan terbentuk. Seperti halnya manusia, tanpa memenuhi kebutuhan yang paling dasar, manusia tidak akan memperdulikan atau memerlukan kebutuhan di tingkat selanjutnya.

maslowStandarLunaria_

Hirarki Maslow

Pada hirarki ini, manusia butuh untuk bertahan hidup terlebih dahulu. Kemudian kebutuhan meningkat sehingga sekarang membutuhkan rasa aman. Kemudian rasa ingin memiliki. Membutuhkan harga diri. Dan yang paling puncak adalah aktualisasi diri atau pembuktian diri. Ataupun pada masa modern, mungkin seperti ini :

maslowmodernlunaria

Maslow masa modern ( hehehe ūüėÄ )

Yuk langsung masuk ke topik pembahasan utama.

5 Langkah Rahasia  Agar Produk Dibeli di Media Sosial

Setelah menyimak hirarki diatas, sahabat sekarang seharusnya lebih paham bahwa  ada langkah-langkah panduan tertentu dari sisi penjual agar produknya dibeli dan langkah pembeli pada saat mereka mau membeli sebuah produk.

Semua tidak terjadi secara instan. Berikut adalah langkah panduan agar sahabat mengetahui dimana “status” bisnis sahabat sekarang pada¬†media sosial agar produk sahabat dengan mudahnya dibeli.

maslowSocialMedia


1. Social Media Presence atau Branding (Tahap Survival)

1 perkuat branding produk lunaria

Hal¬†paling dasar adalah membentuk karakter dari¬†brand sahabat. Berfokus pada topik apa bisnis yang sahabat geluti. “Karakter” dari bisnis sahabat nantinya harus disalurkan kepada target pasar sehingga calon pembeli dapat dengan jelas paham apa sih bisnis sahabat ini. Solusi apa yang diberikan terhadap masalah calon pelanggan.

Dalam hal ini semua harus sinkron. Contoh paling mudah adalah dengan melihat produk lain :

  • maskapai Ga**da, ketika mendenger kata tersebut, kita langsung berpikir : “wah high class nih, mahal”, “pelayanannya ramah”, “pramugari¬†classy, batikan semua”.
  • Xi** *i : “handphone andoroid terjangkau”, “murah nih”.
  • A**le¬†: “laptop minimalis, cantik, indah dimata, mahal sih tapi”
  • A**r¬†: “laptop murah, tapi sayang cepat rusak”

Lunaria Studio mempunyai data klien-klien yang sudah kami kelola, jika dibawah 30 detik calon pelanggan yang mengunjungi halaman Instagram sahabat tidak mengetahui maksud dari bisnis sahabat, maka mereka tidak akan melakukan follow.


2. Online Reputation (Tahap Safety)

2 bentuk reputasi online lunaria

Ketika sahabat sudah dapat mengutarakan apa sih maksud dari bisnis sahabat ke calon pelanggan, sekarang waktunya untuk konsisten terhadap penyampaian nilai-nilai dan karakter dari bisnis sahabat. Reputasi online didapat ketika sahabat konsisten terhadap visi misi bisnis.

Kualitas produk dan tingkat pelayanan juga sangat membantu pada segi reputasi online. Semakin banyak orang yang terbantu dan puas, semakin banyak pula berita tersebar dan testimonial-testimonial diberikan. Reputasi online pun menjadi bagus!


3. Ambassadors (Tahap Belonging)

3 brand advocate lunaria

Setelah reputasi online terbentuk. Sahabat perlu untuk “memelihara” pelanggan-pelanggan yang sudah mencoba produk sahabat dan mencari calon pelanggan baru. Proses ini lama kelamaan akan membuahkan hasil yang sangat penting, yaitu seorang ambassador.

Mungkin sahabat lebih paham dengan istilah brand advocate. Seoarang brand advocate akan menyebarkan bisnis sahabat tanpa diminta. Mereka dengan sendirinya akan mereferensikan bisnis sahabat ke orang lain karena telah mereasa puas.


4. Engagement (Tahap Esteem)

4 tumbuhkan interaksi lunaria

Engagement merupakan salah satu tahap yang membutuhkan upaya yang tinggi. Ketika engagement bisnis sahabat sudah ok, maka akan terlihat banyaknya like, komentar, dan share yagn dilakukan oleh follower (pelanggan lama maupun calon pelanggan).

Cara termudah untuk dapat memberikan engagament tinggi adalah dengan memberikan berita populer terkini dan memberikan informasi yang diinginkan oleh calon pelanggan sahabat (yang masih berhubungan dengan masalah target pasar sahabat).


5. Social Media Influence (Tahap Self- Actualization)

5 social media influencer lunaria

Pada tahap ini sahabat tidak akan bertanya-tanya tentang “bisnis saya sudah menjadi¬†social media influence apa belum sih?” Karena pada tahap ini, sahabat akan banyak sekali mendapatkan notifikasi media sosial. Entah itu berupa pertanyaan, share, ataupun sekedar like, dan tentunya, apapun yang sahabat katakan akan mendapat dukungan dari banyak¬†follower.

Tahap ini merupakan tahap puncak dan tahap untuk mempertahankan posisi bisnis sahabat. Selalu update tentang informasi terbaru. Perbagus kualitas produk dan tentunya layanan pelanggan.

Setelah mengetahui panduan-panduan diatas. Dimanakah letak bisnis sahabat sekarang? Yuk berdiskusi dibawah pada bagian “comment”.

 

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!