Tahun 2016, Lunaria Studio fokus dalam mengembangkan jasa untuk media sosial Instagram. Berbeda dengan media sosial lain. Instagram hanya fokus dengan gambar atau visual yang membuat Instagram media sosial yang unik. Bagi beberapa orang, mempelajari semua media sosial mungkin menjadi tantangan khusus. Nah ada juga yang hanya menggunakan Instagram sebagai platform penyebaran bisnis mereka.

Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk membantu penyebaran bisnis Anda? Berikut adalah 7 cara baik menyebarkan Anda :

 

1. Lakukan Interaksi dengan Orang Lain!

team chat Lunaria Studio

Hal yang sangat mudah tapi banyak yang tidak melakukan hal ini. Konsep media sosial adalah untuk memudah interaksi dengan orang lain secara digital, kapanpun, dimanapun (asal ada koneksi internet 🙂 ).

Untuk melakukan interaksi, tidak bisa Anda hanya berdiam diri. Membuat akun Instagram, posting foto, selesai. Tidak. Anda harus “mencari” komunitas yang sesuai dengan akun Instagram Anda, dan mulai lah berinteraksi.

Memberikan komentar, memberikan saran, memberikan sumbangsih kepada orang lain yang memerlukan info dari hal atau produk yang Anda kuasai. Dengan cara ini, orang lain akan penasaran dengan profil Anda dan akhirnya melihat profil Instagram Anda. Dengan efek samping positig yang dapat menggaet orang untuk berkunjung ke halaman Instagram Anda.

 

2. Gunakan Hashtag Khusus

#1fotomaksimum30hashtag

Hashtag berguna untuk melakukan indeks konten-konten yang telah diposting. Carilah hashtag yang belum digunakan orang lain (biasanya nama atau merek produk Anda). Gunakan hashtag tersebut disetiap konten Anda. Hal ini berguna untuk memastikan agar konten Anda saja yang dapat terlihat jika ada yang mencari dengan hashtag tersebut

 

3. Ambil Gambar yang Indah

goldenrationlunariastudio

Instagram memang media sosial yang mengutamakan gambar yang indah. Mau tidak mau, jika Anda ingin “mendominasi’ atau menarik perhatian orang lain. Berusahalah untuk membuat konten yang baik.

Belajar konsep dasar fotografi, teknis fotografi, pengambilan video, proses editing dasar, dan ilmu lainnya untuk meningkatkan kualitas konten.

Bagi Anda yang sangat awam dengan konsep fotografi, hindari melakukan foto dengan cahaya ruangan. Lakukan foto dengan cahaya outdoor seleum malam hari agar hasil lebih maksimal.

 

4. Hubungi Selebgram atau Influencer

Selebgram dan influencer juga manusia biasa 😛 . Jika Anda produk Anda mempunyai karaktek unik yang mampu memberikan kontribusi positif untuk selebgram atau influencer, tidak ada salahnya melakukan mention atau direct message ke mereka. Jangan terlalu takut untuk melakukan hal ini.

Sebelumnya Anda harus memperhatikan profil Instagram dan kalimat Anda. Tunjukkan keseriusan untuk bekerja sama. Jangan hanya sekedar asal kontak. Kesan pertama sangatlah penting.

 

5. Ketahui Keunikan Produk

Tiap produk mempunyai keunikan nya masing-masing. Bahasa kerennya adalah USP (unique selling proposition). Pelajari keunikan produk Anda. Siapa target pasar yang sesuai. Buatlah konten yang sesuai untuk mereka.

Konten tidak selalu harus foto produk, produk, dan produk. Berpikirlah dengan konsep bercerita. Apa saja yang dapat Anda ceritakan untuk memenuhi kebutuhan target pasar Anda.

 

6. Menjaga Brand Image

Jagalah brand image merek Anda. Semua konten yang Anda buat haruslah selaras dengan brand image merek Anda. Contoh, jika produk Anda adalah makanan sehat. Tentunya tidak cocok jika konten memuat ajakan memakan pisang goreng, walaupun pisang goreng tersebut sangat terkenal se-Indonesia.

 

7. Tutup Instagram!

Berinteraksi face-to-face (jangan terlalu dekat ya :P )

Berinteraksi face-to-face (jangan terlalu dekat 😛 )

Jangan kaget dulu! Yang kami maksud adalah mulai untuk bersosialisasi secara offline. Bertemulah secara tatap muka dengan komunitas-komunitas lain yang dapat mendukung keberadaan Anda.

Datanglah ke sebuah acara untuk memperkenalkan siapa Anda. Penyebaran secara online memang baik. Tapi lebih baik jika Anda diketahui oleh publik secara offline. Kepercayaan yang terbangun akan semakin erat.


 

Telah melakukan semua usaha diatas?

Ingin tahu cara mengukur usaha Anda?

Lihat laporan Instagram Anda menggunakan Lunaria Report!

Logo - With Tagline smallBLACK

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!