Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Melakukan segala aktivitas pekerjaan menggunakan komputer atau smartphone merupakan hal yang umum. Apalagi didukung aplikasi-aplikasi online multi-platform yang dapat digunakan di semua perangkat tanpa repot melakukan setting terhadap setiap perangkat. Apa saja sih aplikasi-aplikasi yang dapat membantu Anda mempermudah melakukan pekerjaan?

Disini tim Lunaria akan membagikan 8 aplikasi yang kami gunakan untuk mendorong produktivitas di Lunaria Studio.


 

1. CLOUD STORAGE (Google Drive, Dropbox, Copy, Microsoft Onedrive)

cloud storage lunaria studio

Penyimpanan data pekerjaan menempati prioritas pertama. Banyak sekali para pengusaha yang kehilangan data dan mengalami masalah yang cukup berat dikarenakan data yang hilang tidak dapat dikembalikan. Pengalaman kami baru-baru ini, bulan November 2015, untuk mengembalikan data sebesar +- 500GB dibutuhkan biaya sebesar +- Rp 4.900.000,- dimana data-data tersebut ada yang belum tentu kembali secara utuh.

Solusi yang ada sangat murah. Bisa jadi gratis jika Anda tidak memiliki ukuran data yang besar. Cukup melakukan backup data secara online dengan melakukan install cloud storage pilihan Anda. Masukkan semua data penting ke folder cloud storage yang berada pada komputer / smartphone Anda, dan voila! Tak perlu bingung lagi untuk kehilangan data. Semua data Anda akan otomatis diduplikasi menjadi backup. Berikut pilihan cloud storage dengan performa bagus yang tersedia di pasaran :

  • Google Drivecloud storage standar, terintegrasi 100% ke aplikasi-aplikasi Google lainnya. Maksimum storage gratis = 15 GB.
  • Dropbox cloud storage termahal dengan performa dan fitur paling baik. Cocok untuk perusahaan besar yang menggunakan aplikasi-aplikasi khusus yang telah mendukung Dropbox. Maksimum storage gratis = 16 GB.
  • Copy cloud storage dengan kapasitas penyimpanan gratis terbesar (sampai dengan 52GB).
  • Microsoft Onedrivecloud storage milik Microsoft. Terintegrasi baik dengan aplikasi-aplikasi buatan Microsoft. Maksimum storage gratis = 15 GB/

 

2CATATAN (Evernote , Onenote)

online notes lunaria studio

Buku catatan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. “Buku” ini harus dibawa setiap saat. Dimanapun Anda berada, kapanpun Anda mendapatkan ide segar, langsung catat ! Jangan ditunda!

Tentunya catatan yang ada harus rapi. Percuma juga jika catatan yang ada tersebar di banyak buku atau di kertas robekan kecil sehingga tidak dapat dicari. Paling mudah adalah menggunakan aplikasi notepad bawaan smartphone. Tetapi tiim Lunaria membuktikan bahwa aplikasi-aplikasi bawaan kurang powerful dikarenakan fiturnya sangat minim. Berikut aplikasi catatan pilihan tim Lunaria Studio :

  • Evernote : kemungkinan merupakan aplikasi catatan yang paling populer. Gratis dengan batasan-batasan tertentu (quota 60MB per bulan dan harus terhubung dengan internet).
  • Microsoft Onenote : catatan buatan Microsoft ini mempunyai fitur-fitur yang lengkap juga. Dapat digunakan secara offline. Tapi mempunyai learning curve yang tinggi, alias untuk menggunakannya tidak boleh asal karena mempunyai susunan hierarki pembuatan folder.

 

3. PENYIMPANAN PASSWORD (Lastpass, 1Password) 

password Lunaria Studio

Jika Anda senang menggunakan dan mencoba aplikasi-aplikasi baru, bergabung dengan forum-forum, kemungkinan besar Anda dan tim menyimpan banyak sekali password. Apakah Anda adalah salah satu orang yang menggunakan hanya 1 kombinasi password untuk semua akun? Keputusan tersebut bisa dibilang kurang bijak. Tetapi bagaimana membuat kombinasi password yang berbeda tanpa perlu mengingat-ingat dan dengan mudah dapat masuk ke akun yang dituju?

Catatan : tim Lunaria Studio mempunyai lebih dari 200 buah akun dengan password yang berlainan dan tidak ada seorang pun dalam tim yang hafal kombinasi password yang diperlukan untuk masuk ke dalam sebuah akun 🙂

  • Lastpass : aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik pilihan tim Lunaria Studio dengan pembayaran per tahun (hanya $12)
  • 1Password : aplikasi penyimpanan password dengan membeli license per orang yang menggunakan. Lebih mahal dibandingkan dengan Lastpass.

 

4. TEAM CHAT (Slack, Telegram)

team chat Lunaria Studio

Apakah tim Anda harus selalu di kantor? Bagaimana cara yang paling efektif dalam menghubungi tim Anda yang sedang diluar kota? Email? Telpon? Sms? Bagaimana jika ada sebuah aplikasi yang dapat menyimpan history percakapan Anda tanpa repot-repot mengetik email dengan bahasa formal? Bagaimana jika aplikasi tersebut juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi produktivitas lainnya? Mau kan?

Kata kunci dari aplikasi untuk team chat adalah : mobilitas dan dapat digunakan di semua platform (browser, smartphone, dan pc).

  • Slack : aplikasi ini gratis (dengan limitasi tertentu) dan tipe gratisnya dapat digunakan oleh tim dengan total tidak terbatas. Tiap topik pembicaraan dapat dipisah dengan hanya anggota-anggota tertentu.
  • Telegram : aplikasi ini sebenarnya sama persis dengan Whatsapp dengan kelebihan dapat digunakan dengan mudah di semua platform DAN dapat digunakan tanpa perlu melakukan install ke smartphone terlebih dahulu. Anda dapat melupakan kebisingan notifikasi grup di smartphone.

 

5. KANBAN BOARD (Trello)

kanban board Lunaria Studio

Belum mengenal istilah ini? Segera menggunakannya 🙂 karena Kanban board merupakan cara untuk visualisasi alur pekerjaan Anda. Biasanya cara ini digunakan secara fisik. Dengan papan khusus di sebuah dinding kantor. Bagaimana jika tidak perlu repot-repot memfoto terlebih dahulu sebelum ingin dilihat dirumah? Berikut solusinya :

  • Trello Kanban board online yang dapat diakses seluruh tim. Anda dapat menempatkan orang-orang tertentu ke pekerjaan-pekerjaan tertentu dan secara langsung mereka akan mendapatkan notifikasi.

 

6. KALENDER (Lastpass, 1Password)

kalender Lunaria Studio

Siapa sih yang tidak butuh kalender? Ini adalah aplikasi terpenting agar tim mengetahui jadwal dan deadline dari suatu pekerjaan, walaupun dengan menggunakan aplikasi Kanban board sudah mencukupi, aplikasi kalender yang berdiri sendiri dapat digunakan untuk event-event besar yang lebih penting.

  • Google Calendar : pilihan ini mungkin menjadi yang paling cepat dan masuk akal dikarenakan semua orang sekarang mempunyai akun Google dan mempermudah sharing.
  • Teamup : pilihan lain yang lebih canggih daripada Google Calendar dan tim tidak perlu mendaftar untuk menggunakan. Kelemahannya adalah berbayar dan tipe gratis mempunyai limit tertentu. Jika Anda menginginkan aplikasi kalender dengan fitur terbaik, pilihlah teamup.

 

7. EMAIL (Google Mail, Microsoft Outlook, Yahoo! Mail)

email Lunaria Studio

Tentunya semua orang telah mempunyai email yang digunakan untuk mendaftarkan smartphone, aplikasi-aplikasi online, dan forum forum. Tapi email apakah yang terbaik? Tim Lunaria Studio menyarakankan untuk menggunakan penyedia jasa email yang “aman” dan pasti ada. Penyedia jasa seperti Google Mail, Microsoft Outlook, dan Yahoo! mail adalah 3 dari banyak penyedia jasa email yang masuk dalam kategori “aman”. Untuk lebih professional, Anda dapat menggunakan email perusahaan dengan format (namaID@namawebsite.com), tapi juga Anda harus mempunyai email backup yang tingkat uptime server nya tinggi seperti 3 email yang telah disebutkan.

 

8. SOCIAL MEDIA MANAGEMENT (Hootsuite)

hootsuite Lunaria Studio

Mempunyai banyak media sosial yang harus diurus? Butuh satu tempat yang praktis untuk mengurus semua media sosial tersebut? Satu jawabannya, gunakan Hootsuite. Dengan Hootsuite, pada satu halaman Anda akan dapat mengakses, menulis post, dan menjadwal post yang akan Anda tulis. Cepat dan praktis.

 

9. APLIKASI PENDUKUNG (IFTTT) ifttt Lunaria studio

 

IFTTT merupakan singkatan dari If This Then That – Jika ini maka lakukan itu. Langsung saja ya diberi contoh : jika post di Twitter, maka post juga di Facebook Page. Jika Post di Facebook Page maka buat note di Evernote.

IFTTT merupakan aplikasi macro, dengan resep kombinasi apapun. Dengan catatan, resep yang dibuat harus menggunakan aplikasi yang didukung oleh IFTTT. Jika aplikasi yang ingin Anda buat belum terdaftar dalam IFTTT, maka aplikasi tersebut belum dapat diotomasi.

—————————

Apa pendapat Anda tentang 9 aplikasi untuk mendorong produktivitas diatas? Semoga sharing ini dapat membantu usaha Anda.

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!