Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Pada artikel ini, tim Lunaria akan membahas aplikasi malware Instagram yang berbahaya. Bukan aplikasi resmi Instagram sendiri, tetapi aplikasi pihak ketiga yang dapat mengelola akun Instagram Anda. Kami akan memberikan juga solusi terbaik jika sudah terlanjur menggunakan, dan cara terbaik untuk menghindari aplikasi-aplikasi malware.

Apakah Anda pernah menemukan iklan atau informasi yang menjanjikan dapat mellihat siapa saja yang mengunjungi halaman Instagram Anda?

Jangan terburu-buru senang dengan fitur tersebut karena fitur tersebut sebenarnya tidak ada!

Contoh iklan Instagram malware

Contoh iklan Instagram malware

Biasanya setelah melakukan klik pada iklan ataupun tautan (link) yang diberikan, Anda akan melakukan download sebuah aplikasi ke komputer atau smartphone Anda.

Setelah itu Anda akan diminta untuk login, memasukkan username dan password akun Instagram Anda.

 

Tujuan aplikasi malware ini dibuat adalah untuk mengakses akun Instagram Anda. Bentuk malware ini sebetulnya bukan sebuah tipe baru. Banyak aplikasi-aplikasi malware sejenis untuk media sosial lainnya.

TERLANJUR MENGGUNAKAN?

Apakah Anda terlanjur atau pernah menggunakan model aplikasi seperti diatas? Kemungkinan besar akun Anda sudah tidak aman. Dampaknya tidak akan terlihat saat ini juga. Biasanya pemilik aplikasi malware hanya menggunakan akun-akun yang terjebak ketika diperlukan saja. Nah, bagaimana agar akun Instagram Anda tidak disalahgunakan?

1. Cek password email Instagram Anda

Cek apakah email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan akun Instagram mempunyai password yang sama dengan password akun Instagram Anda sekarang? Jika iya, cepat ganti password email tersebut. Tujuannya adalah agar Anda masih dapat melakukan password reset akun Instagram.

Untuk melakukan reset akun Instagram, dibutuhkan akses ke email. Jika Anda tidak mempunyai akses ke email maka akun Instagram Anda tidak dapat melakukan password reset.

2. Lepas akses aplikasi tersebut

Jika Anda telah melakukan login di aplikasi malware. Mungkin secara tidak  sadar Anda telah memberikan ijin akses ke akun Instagram Anda. Lepas akses tersebut.

Caranya adalah dengan menggunakan PC, masuk dan login ke www.instagram.com, kemudian pilih menu “EDIT PROFILE”

Login Instagram.com dan pilih "EDIT PROFILE"

Login Instagram.com dan pilih “EDIT PROFILE”

Kemudian pilih menu “MANAGE APPLICATIONS”, lihat nama aplikasi yang akan dilepas hak aksesnya, klik tombol “REVOKE ACCESS”

Lepas hak akses sebuah aplikasi

Lepas hak akses sebuah aplikasi

CARA PENCEGAHAN

1. Jangan melakukan sembarang klik terhadap iklan-iklan yang muncul di internet.

2. Sadar bahwa fitur seperti “melihat orang yang mengunjungi halaman media sosial” sebenarnya digunakan hanya untuk umpan saja.

3. Lakukan penelitian sedikit. Melakukan pencarian terhadap aplikasi tersebut di Google mungkin dapat memberikan informasi-informasi tambahan apakah aplikasi tersebut asli atau tidak.

 

Bagaimana tanggapan Anda? Pernah menggunakan aplikasi sejenis ini?

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!