OKTOBER 2015 – Instagram adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di Indonesia. Per Januari 2015, pengguna Instagram adalah 17,8 juta jiwa (data dari wearesocialsg). Per Januari 2016, meningkat menjadi 25.5 juta jiwa! Mengapa? Salah satunya adalah proses dan penggunaannya yang mudah. Walaupun mudah, masih banyak fitur-fitur yang sebenarnya jarang atau tidak pernah dipakai oleh pengguna Instagram.

Berikut adalah 7 rahasia Instagram yang jarang diketahui banyak orang :

1.MENYEMBUNYIKAN FOTO JELEK DIMANA ANDA TERKENA TAG

Instagram mempunyai fitur “Photos of you” dimana orang lain dapat melihat foto-foto dimana Anda di tag. Tidak mau tampil jelek di foto lain yang tidak Anda ambil? Sembunyikan saja!

Caranya mudah, masuk ke halaman profil Instagram Anda, klik tab “Photos of you”, klik gambar yang Anda tidak suka, klik nama Anda, sembuyikan.

Menyembunyikan foto jelek ketika Anda terkena tag

Menyembunyikan foto jelek ketika Anda terkena tag

2. MENYEMBUNYIKAN FILTER FOTO

Para ahli pengguna Instagram pasti sangat terbantu jika dapat menyembunyikan filter dari Instagram. Dengan menyembunyikan filter yang tidak terpakai, maka proses pencarian filter dapat lebih cepat. Tidak perlu melakukan swap-swap ke kiri dan kanan untuk mencari filter.

Caranya : post foto seperti biasa. Pada proses pemilihan filter, lihat di bagian filter paling kanan, Anda akan menemukan tombol “manage”. Dalam halaman tersebut dapat dipilih mana filter yang mau disembunyikan.

 

Menyembunyikan filter foto instagram

Menyembunyikan filter foto instagram

Mau tahu efek endorse kemarin ok atau tidak? Mau tahu apakah konten Instagram kamu sebenarnya dilihat oleh follower? Mau tahu gender follower mu? Cek laporan data analisis Instagram Lunaria Report!

3. MELIHAT APA YANG DI “LIKE” TEMAN ANDA

Karena Instagram adalah salah satu jenis media sosial, sifat ingin tahu apa yang teman Anda “like” menjadi kebutuhan utama.

Caranya : masuk ke tab “activity” (logo hati), klik tab “following”.

 

Lihat apa yang teman Anda like

Lihat apa yang teman Anda like

4. MELIHAT APA YANG ANDA LIKE

Fitur ini mungkin tampak tidak berguna bagi Anda yang sangat sering melakukan “like”. Tapi bagi pengguna lain, fitur ini dapat bertindak sebagai “bookmark”. Jika Anda terinspirasi pada sebuah foto, cukup lakukan “like” dan Anda dapat melihat foto tersebut kapanpun.

Caranya : masuk ke halaman profil Anda, klik tombol “option” di pojok kanan atas (bentuk gerigi), cari “Post You’ve Clicked” pada halaman tersebut.

 

Lihat semua foto yang telah Anda like

5. MENGIRIM FOTO KE SATU / BEBERAPA ORANG SAJA

Fitur ini seperi fitur “private message” atau “direct message” yang ada di aplikasi-aplikasi lain. Jika Anda melakukan “post” seperti biasa, maka foto tersebut dapat dilihat oleh SEMUA teman Instagram Anda (atau publik). Jika Anda menggunakan sistem “direct message”, Anda dapat memilih satu atau beberapa teman yang dapat melihat foto tersebut.

Caranya : lakukan prosedur post seperti biasa. Pada tahap memasukkan komentar atau deskripsi, pilih tab “direct”. Setelah dipilih, maka muncul baris baru berjudul “To:”. Disini Anda dapat mencari username teman yang akan menerima foto tersebut.

 

mengirim message privat di instagram

6. MENGIRIM FOTO AKUN LAIN KE TEMAN ANDA

Pada nomor 5, Instagram telah menyediakan fitur “direct message” yang dapat mengirim foto dari perangkat Anda ke satu atau beberapa teman pilihan.

Bagaimana jika foto yang ingin Anda tunjukkan berasal dari akun lain? Biasanya kita memberikan komentar dengan melakukan “mention” username teman kita. Ataupun repot sekali jika harus melakukan screenshot. Untungnya tidak perlu karena Instagram telah menyediakan fitur yang lebih mudah dan cepat.

Caranya : buka foto dari akun lain yang ingin Anda kirimkan. Dibawah foto tersebut ada logo “forward” (panah melengkung ke kanan), klik tombol tersebut dan pilih teman Anda.

 

Memberi tahu foto menarik ke teman via direct message

Memberi tahu foto menarik ke teman via direct message

7. MENDAPATKAN NOTIFIKASI PADA AKUN INSTAGRAM FAVORIT ANDA

Apa Anda mempunyai akun terfavorit? Tdak mau melewatkan post dari aktor kesayangan Anda? Instagram menyediakan fitur notifikasi untuk mengikuti akun favorit yang Anda pilih.

Caranya : buka akun favorit Anda, klik tombol “option” (pojok kanan atas dengan logo tiga titik), pilih “Turn on Post Notifications”

 

menyalakan notifikasi untuk user favorit

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!