Apakah Anda pernah memikirkan atau memutuskan untuk menggunakan cara endorse untuk melakukan pemasaran di media sosial?

Jika ya, maka Anda harus mempertimbangkan 4 hal yang akan diulas di artikel ini untuk memilih endorser mana yang cocok.

Apa saja yang Anda dapatkan pada artikel ini?

  • 4 cara endorse terbaik
  • bonus data tentang konversi dari cara endorse

 

Yuk mari membahas 4 cara endorse terbaik :

1. DEMOGRAFI FOLLOWER DARI ENDORSER

cthendorseLUNA

Salah satu endorser fashion Indonesia

Apa itu demografi? Demografi adalah segala informasi yang dapat digunakan untuk mengkategorikan sejumlah populasi. Perempuan atau laki-laki, umur, kewarganegaraan, status sosial, level pendapatan.

Kegunaan :

Ambil contoh bahwa barang Anda adalah aksesoris perempuan, tentunya sangat tidak bijak jika Anda melakukan endorse dimana follower yang ada kebanyakan adalah laki-laki. Efek yang didapat jauh lebih besar jika endorser mempunyai follower kebanyakan adalah remaja perempuan (misal : endorser dengan produk atau review fashion atau aksesoris).

Cara melihat demografi :

Untuk media sosial pada umumnya, Anda cukup masuk ke daftar follower dari endorser. Khusus Instagram, gunakan websta.me untuk melihat daftar follower dengan mudah (Anda harus log in Instagram terlebih dahulu). Lihat demografi yang ada. Untuk proses yang lebih akurat, silahkan membuka profil dari follower satu persatu dan tentukan apakah demografi yang ada cocok dengan target market produk atau jasa Anda.

2. BESAR AUDIENCE atau FOLLOWER

Besar audience

Besar audience

Jika Anda sudah mengikuti langkah pertama dan demografi dari endorser sudah benar, satu hal yang harus ditanyakan adalah, seberapa besar jangkauan dari endorser tersebut?

Jika ternyata audience atau follower hanya berjumlah 50 pengguna, bisa jadi efek yang Anda dapatkan tidak terlalu berdampak. Kecuali, audience atau follower tersebut sangat berkualitas dan mempunyai angka konversi yang tinggi. Problemnya adalah, sebagai pihak eksternal, kita tidak mengetahui data dari endorser tersebut (termasuk data konversi).

3. KONTEN ENDORSER

Endorser dengan konten fashion

Endorser dengan konten fashion

Secara tidak langsung, brand produk atau jasa Anda akan dipengaruhi atau mempengaruhi endorser. Endorser dengan harga mahal tidak selalu mempunyai efek baik untuk brand Anda. Pilihlah endorser dengan konten yang mempunyai kategori relatif  sama

4. SEBERAPA BESAR PENGARUH DARI ENDORSER

Contoh big influence endorser

Contoh big influence endorser

Mempunyai follower banyak belum tentu memberikan pengaruh yang besar. Tetapi jika mempunyai pengaruh yang besar, jumlah follower dapat dipastikan banyak.

Caranya mengetahui besar pengaruh?

  • Cek apakah endorser tersebut sering diundang untuk mengikuti acara.
  • Cek apakah mereka menyempatkan waktu untuk datang ke acara tertentu yang berhubungan dengan konten mereka (walaupun diluar kota).

BONUS DATA : SEBERAPA BESAR EFEK DARI ENDORSE?

Tim Lunaria berpendapat bahwa endorse sebenarnya mempunyai efek yang besar. DENGAN SYARAT : harus dijalankan dalam kurun waktu tertentu, tidak hanya sekali saja.

Mengapa? Selain dari 4 cara diatas, sukses tidaknya endorse masih dipengaruhi oleh :

Berikut adalah data dari BRAND REPUBLIC. Dari 5.500 orang di Inggris dengan umur 11 s/d 95 tahun yang mengikuti akun selebiriti / endorser :

demografiLuanria1

• Dari 5.500 orang, 67% merupakan remaja perempuan berumur 16 s/d 24 tahun. 33% sisanya adalah campuran.

efekEndorse1Lunaria1

• Dari 5.500 orang, 54% orang mengatahui bahwa selebriti tersebut sedang melakukan endorse terhadap produk tertentu, 46% tidak mengetahui.

• Dari 54% orang yang mengetahui (2970 orang), sebanyak 25% merasa baik-baik saja jika selebriti melakukan endorse, 21% merasa terganggu, dan 54% sisanya abstain.

efekEndorse31Lunaria

• Dari 21% orang yang merasa terganggu (624 orang), 14% melakukan unfollow, 86% tidak melakukan apapun.
efekEndorse22Lunaria

• Dari Dari 54% orang yang mengetahui (2970 orang), 26% membeli barang yang di endorse, 74% tidak membeli.

efekEndorse4Lunaria

• Dari 26% orang yang melakukan pembelian (772 orang), 60% merupakan remaja dengan umur 16-24 tahun, 40% merupakan campuran.

efekEndorse5Lunaria

• Dari 60% yang melakukan pembelian (463 orang), 18% membeli secara reguler, 82% melakukan pembelian, tapi tidak reguler (jarang).


 

Bagaimana? Apakah sekarang lebih mantap untuk melakukan endorse? 🙂

 

 

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!