BERJUALAN DI INSTAGRAM? ANDA PERLU MEMBACA INI

“Rumput tetangga biasanya lebih hijau”
Begitu peribahasa yang sering kita dengar, terutama di dunia bisnis.

Memang belum tentu benar, tetapi pada cerita berikut, tentang Instagram dan Pinterest, peribahasa ini mungkin berlaku.

Dengan sisi Pinterest yang memiliki rumput lebih hijau daripada Instagram.

Mengapa?

Beberapa bulan ke depan, Instagram akan melakukan pemangkasan akun-akun seperti yang mereka lakukan pada Desember 2014. Yang berbeda adalah, mereka tidak melakukan pemangkasan terhadap akun palsu, tapi lebih ke akun usaha baru.

Ya, jika Anda mempunyai AKUN USAHA BARU dan melakukan posting konten berupa foto produk, penggunaan link bit.ly (url shortener), dan deskripsi yang monoton (berasa copy paste), siap-siap untuk terkena penghapusan dari Instagram.

Lunaria melakukan percobaan dengan bantuan teman-teman kami dari beberapa kota di Indonesia. Akun Instagram baru sebagian besar akan terkena penghapusan. 8 dari 11 akun Instagram baru mengenai produk akan dihapus dalam kurun waktu 12jam – 4 hari.

“Ah ngga mungkin? Kok aneh banget?”

Pertama kali tim Lunaria juga tidak yakin dengan proses penghapusan ini, tetapi dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diasumsikan Instagram melakukan pemangkasan untuk kebutuhan launching fitur terbaru mereka “Instagram Ads”

Sebelumnya tidak pernah ada masalah apapun yang berhubungan dengan Instagram. Malah Instagram menjadi salah satu media sosial yang asik untuk menyebarkan bisnis.

Mengapa kira-kira hal ini bisa terjadi?

  1. Tujuan dari Instagram awalnya adalah untuk membagikan gambar-gambar indah. Bagi pengusaha dengan akun baru yang mengalami kesusahan untuk membuat gambar indah memang sudah tidak mengikuti standar Instagram. Apalagi jika di dalam akun tersebut hanya berisi produk-produk atau barang-barang saja (mirip etalase).
  2. Mulai menjadi komersil. Semenjak dibeli oleh Facebook, banyak yang akan memprediksi Instagram akan menjadi komersil. Pengguna Instagram saat ini (2015) adalah 300juta orang.
  3. Memantau lokasi akun dibuat. Indonesia merupakan salah satu negara yang membuat banyak sekali akun Instagram palsu. Dengan mudah akan dijumpai jasa-jasa penyedia follower palsu yang hanya akan menambah kuantitas follower. Ada kemungkinan besar, Instagram mulai memperketat aturan-aturan yang ada.

Lihat artikel kami tentang apa saja yang dapat membuat akun media sosial Anda dihapus.


Tentunya jangan percaya pendapat kami sebelum Anda mencoba sendiri!


Disini Lunaria menawarkan solusi lain yaitu dengan berpindah menggunakan Pinterest. Kehebatannya?

  1. Total pengguna aktif di Indonesia sudah 15.300.000 per Januari 2015
  2. Ada khusus akun Pinterest for business. Tidak perlu khawatir lagi tentang banyak peraturan karena dibuka untuk bisnis.
  3. Dapat dikelola menggunakan komputer desktop. Ini sangat membantu sekali! Tetapi jika dilihat dari sisi pengguna, sebenarnya Instagram mempunyai nilai plus tersendiri karena penggunaannya hanya dapat dilakukan di smartphone. Pengguna Instagram mempunyai kesempatan besar hanya melakukan aktivitas di dalam Instagram. Pengguna Pinterest tidak. Ada kesempatan besar mereka membuka halaman lain (karena banyak link website) dan hilang fokus.
  4. Ada fitur “pin”. Dengan ini produk Anda dapat disimpan oleh pengguna lain agar dapat dilihat kembali
  5. Kedepannya Pinterest akan mendukung proses jual beli. Klik disini tentang Informasi lebih lengkap toko Pinterest.

Bagaimana pendapat Anda ?

Menggunakan Instagram atau Pinterest?

Sedia ladang sebelum hujan? Atau tetap menunggu?


 Catatan :

Instagram tetap merupakan media sosial terbesar untuk melakukan pemasaran jika produk Anda mempunyai daya tarik visual (makanan, fashion, interior, dsb). Jika akun Instagram Anda lebih dari 2 bulan, tetaplah menggunakan dan mengembangkan Instagram karena Instagram masih yang terbaik untuk media sosial berbasis gambar.


“The illiterate of the 21st century will not be those who cannot read and write, but those who cannot learn, unlearn, and relearn. ”

– Alvin Toffler

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!