Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Update Terakhir : 22 Juni 2015

Memilih username di social media merupakan hal yang bisa dianggap mudah, tetapi akan sangat merepotkan jika tidak dipersiapkan dengan benar.

Berikut adalah cara memilih username pada media sosial yang paling efektif :

1. CEK NAMA DOMAIN

Walaupun sepertinya tidak berhubungan, melakukan pemeriksaan nama domain (nama website) sangat penting sekali. Setelah usaha Anda berkembang, langkah selanjutnya yang dapat dipastikan adalah dengan pembuatan website. Pemeriksaan dan pembelian nama domain dapat menggunakan Godaddy atau Namecheap. Langkah ini memastikan nama usaha Anda belum digunakan oleh orang lain dan dapat dicari dengan mudah menggunakan Google ataupun mesin pencari lainnya.

2. BUAT USERNAME YANG MUDAH DICARI

Jika nama usaha Anda adalaha “ABCD”, gunakanlah langsung nama tersebut.

Jika nama tersebut telah digunakan orang lain, tetapi masih ingin Anda gunakan :

  • Tambahkanlah sebuah kata atau kota dibelakang nama tersebut.

contoh : ABCDenak, ABCDSurabaya, ABCDJakarta.

  • Atau jika masih mau menambah kata didepan, pisahkan kata tersebut dengan nama usaha Anda dengan menggunakan titik “.”. Cara pertama masih lebih baik daripada cara ini karena hasil pencarian mengutamakan username dengan kata kunci yang dicari berada di depan.

contoh : my.abcd, sip.abcd

CATATAN PENTING : Instagram tidak memperbolehkan username dalam format domain website. Contoh : abcd.com, abcd.net, abcd.org, abcd.me, dan format dengan ekstensi nama domain lainnya. 

Username tidak boleh dalam format nama domain (screenshot 22 Juni 2015)

Username tidak boleh dalam format nama domain (screenshot 22 Juni 2015)

Alasan mengapa tidak disarankan untuk menambah kata dibelakang username adalah : seseorang secara otomatis melakukan pencarian dengan mengggunakan kata kunci nama utama usaha Anda, dan proses pencarian akan menampilkan username-username yang memiliki kata kunci tersebut didepan. Contoh :

meetpieExample

Nama meetpie VS mymeetpie

Pada contoh diatas, kami ingin mencari usaha dengan nama utama adalah “meetpie” (dengan username aslinya adalah “mymeetpie”). Jika dilakukan pencari menggunakan kata kunci dengan nama usaha utama (gambar kiri), hasil pencarian tidak menampilkan username meetpie sama sekali. Dikarenakan ada tambahan kata “my” yang membuat hasil pencarian tidak relevan.

Pemisahan username menggunakan titik "."

Pemisahan username menggunakan titik “.”

Contoh diatas adalah pencarian dengan menggunakan kata kedua yaitu “mielemu”. Jika dilakukan pencarian dengan kata kedua dan dilakukan pemisahan antara kata pertama dan kedua menggunakan titik “.” , hasil pencarian masih menampilkan username tersebut. Walaupun secara hierarki, masih kalah dengan kata kunci utamanya sendiri “mielemu”.

thevergeExample

Username @theverge vs @verge , walaupun hasil pencarian juga tergantung dengan popularitas suatu akun, satu kata dapat menghasilkan hasil pencarian yang berbeda. Masih dengan teori dasar yang sama, pencarian dengan kata kunci utama “theverge” akan menampilkan semua username yang memiliki kata kunci “theverge” di bagian depan. Jika menggunakan kata kunci “verge” saja hasil pencarian berbeda total.

3. KESIMPULAN

Usahakan membuat username dengan nama usaha Anda berada di depan sehingga memudahkan seseorang mencari username Anda.

Bagaimana menurut pengalaman Anda?

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!