Jika Anda sudah merambah dunia internet, bersiap-siaplah untuk bertemu dengan “pengganggu internet” atau biasanya sering disebut dengan istilah internet troll. Mengapa harus bersiap? Karena seorang individu lebih mudah menjadi internet troll daripada menjadi pengganggu di dunia nyata. Pada dunia internet, Anda dapat menggunakan pseudoname (nama fiktif), seperti username ataupun nama palsu yang dibuat menyerupai nama orang pada umumnya.

Mengapa Ada Internet Troll?

Sangat baik jika Anda berpikiri positif, tetapi Anda tidak dapat mengelak bahwa internet troll banyak ditemukan. Contoh konkretnya adalah pada Pilpres tahun 2014 yang lalu. Anda pasti banyak menjumpai berita-berita dan posting di media sosial yang berujung dengan komentar-komentar yang tidak mengenakkan. Jika Anda teliti lebih lanjut, dapat dipastikan ada seseorang yang pertama kali melakukan flaming (menyulut kemarah para pengguna lain). Entah pemberi komentar ataupun pembuat artikel.

Apa sih tujuan menjadi internet troll? Berikut beberapa alasan mengapa ada seseorang yang menjadi internet troll:

  • Untuk mendapatkan perhatian dan pengakuan (walaupun negatif)
  • Sebagai sumber pelampiasan amarah
  • Vandalisme 
  • Mendapatkan sensasi ketika memecah belah percakapan
  • Sabotase komunitas yang tidak disukai (sebagai kompetitor) ←
  • Ketidakdewasaan ←

Tipe Yang Sering Dijumpai (Di Indonesia)

Walaupun ada bermacam-macam tipe dari internet troll, yang paling banyak ditemui adalah tipe vandalisme, sabotase dan ketidakdewasaan. Tentunya tidak dapat diprediksi kapan komentar-komentar ini akan muncul.

Vandalisme dan sabotase biasanya berupa komentar negatif frontal yang menghina. Bedakan dengan komplain pelanggan!

Komentar ketidakdewasaan datang dari seseorang yang belum cukup dewasa untuk mengerti konsep follow – unfollow, melakukan protes karena foto tidak di “feature” (melakukan repost foto dari pengguna lain ke akun bisnis /fanpage yang dikelola), dan memaksa melakukan like pada akun mereka.

Tindakan yang Dapat Anda Ambil

Block-User-On-InstagramAnda harus tegas dalam mengambil keputusan tentang semua hal tentang internet troll. 

  1. Bedakan terlebih dahulu apakah itu ternyata komplain dari pelanggan atau bukan. Memperbaiki komplain pelanggan ditempat yang dapat terlihat oleh pengguna lainnya dapat membantu bisnis Anda.
  2. Jika Anda sudah memastikan bahwa komentar tersebut adalah salah satu jenis dari internet troll, lanjutkan ke langkah ke-3.
  3. Lakukan block terhadap username tersebut.
  4. Lakukan review kepada username tersebut. Berikan beberapa waktu (2-3 bulan) untuk melakukan unblock, sampai saat ini (February 2015), Anda harus mencatat username-username yang telah Anda blockjika ingin melakukan unblock di kemudian hari. Instagram belum menyediakan daftar unblock.

Apakah Anda pernah bertemu dengan internet troll? Bagaimana rencana tindakan yang Anda ambil atau sudah ambil?

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!