Whatsapp : 0897 04100 89 [email protected]

” Masih belum ada yang beli nih! “

” Jualan belum laku! “

Kira-kira begitulah kalimat yang sering dilayangkan oleh para penjual yang sedang melakukan proses pemasaran melalui media sosial. Proses pemasaran merupakan proses yang sedikit lebih rumit dibandingkan apa yang biasanya dipikirkan oleh seseorang pada umumnya. Apa sih yang menjadi penyebab utama produk dagangan Anda kurang laris terjual?

Permintaan Produk

Sudahkan Anda melakukan validasi terhadap produk yang akan ditawarkan? Validasi ini berguna agar Anda mengetahui apakah masyarakat membutuhkan produk tersebut atau tidak. Contoh jika Anda menjual pager(pajer merk Motorola), kira-kira apakah produk itu akan laris terjual? Tentu tidak, karena sudah tidak ada orang-orang yang menggunakan alat tersebut untuk berkomunikasi.

Pager. Produk yang demand nya sudah tidak ada.

Pager. Produk yang demand nya sudah tidak ada.

 Lain halnya jika produk Anda adalah smartphone Android dengna spesifikasi bagus dan harga murah. Anda sendiri dapat merasakan bahwa produk smartphone Android mempunyai masa depan dan pertumbuhan lebih baik daripada pager (dikarenakan perbedaan permintaan masyarakat pada produk tersebut).

Pasar

Seberapa besar pasar Anda?

Seberapa besar pasar Anda?

Pasar juga mempunyai peranan yang sangat penting. Ambil contoh, Anda telah memutuskan untuk menjual smartphone Android berkualitas bagus dengan harga murah. Yang terjadi adalah,  Anda tetap tidak dapat menjual produk tersebut ke semua kalangan.

  • Ada masyarakat yang menyukai merk tertentu dan tidak akan membeli merk lain.
  • Ada masyarakat yang baik-baik saja dengan harga mahal dengan desain yang lebih bagus.
  • Ada masyarakat yang menyukai smartphoneAndroid yang lebih dapat dicustom.
  • dan sebagainya.

Tentukan pasar Anda. Makin spesifik makin baik.

Target

Target ditentukan oleh pasar. Jika target Anda merupakan kalangan masyarakat yang mencari smartphone Android murah, jangan menawarkan produk tersebut ke komunitas pengguna Apple ataupun komunitas kuliner. Bisa jadi juga Anda melakukan mengembangkan target Anda : ternyata banyak orang di komunitas kuliner membutuhkan smartphone murah untuk mengambil foto makanan dengan kualitas ok.

Sesuaikan target Anda dengan produk dan pasar.

Konten Media Sosial

Konten merupakan daya tarik utama untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Entah berupa teks ataupun gambar, konten yang baik dapat menarik follower baru dan mempertahankan follower lama.  Pernahkan Anda mendengar ekspresi : gambar dapat menjelaskan ribuan kata. Gunakanlah gambar yang baik sebagai konten Anda dan ingat, tipe gambar mewakili tipe pemasaran Anda

Waktu dan Kesabaran

Waktu dan kesabaran merupakan faktor-faktor yang tidak dapat dipisahkan. Jika bisnis Anda baru berjalan dan baru melakukan proses pemasaran hari ke-1, jangan tergesa-gesa untuk mengharapkan penjualan yang sangat signifikan pada hari ke-30.

Sudahkah Anda melihat faktor-faktor lainnya seperti diatas? (permintaan produk, pasar, target, dan konte).

Waktu juga sangat berperan untuk mengumpulkan follower-follower. Dimana mereka nantinya dapat menyebarkan bisnis Anda dengan cara “word of mouth”.


Pertanyaan yang mungkin akan Anda tanyakan adalah : “Apakah dengan Lunaria Studio, penjualan saya pasti akan meningkat?”

Jawabannya adalah belum tentu. Pengguna jasa Lunaria Studio yang berhasil adalah mereka yang :

  • sudah mempunyai model bisnis yang baik.
  • mereka yang mau belajar untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri (disisi lain selain dari sisi media sosial).
  • mereka yang sadar bahwa proses marketing instan tidak akan bertahan lama.

Proses pemasaran media sosial Lunaria Studio bertindak sebagai “alat” untuk mempercepat brand awareness bisnis Anda. Dengan kata lain, proses ini tidak dapat menjamin bahwa produk pager akan berhasil dijual. Hal ini dikarenakan faktor lain yang mempengaruhi proses penjualan tersebut, yaitu permintaan produk, yang memang masyarakat sudah tidak lagi menggunakan pager.

Bagaimana menurut Anda? Apakah sebaiknya pemilik usaha atau bisnis mengetahui cara-cara ini? Bagikan pendapat Anda pada bagian komentar dibawah.

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!