Instagram dan Tumblr adalah dua media sosial yang sangat mirip kegunaannya. Keduanya sama-sama menggunakan konten foto, teks, dan hashtag. Tapi apa perbedaan dari kedua media sosial tersebut? Mari simak pembahasan kami :

Tumblr

Tumblr biasanya digunakan untuk blogging sederhana. Sebuah post dapat diisi sebuah foto atau video dan teks. Sebenarnya tidak ada batasan seberapa banyak teks yang dapat ditulis dalam sebuah post, tetapi kebanyakan dari pengguna menggunakan Tumblr hanya untuk menulis beberapa paragraf saja (microblogging).

Instagram

Instagram adalah media sosial yang sangat bergantung dengan konten foto atau gambar (dan juga video). Proses kerja Instagram sangat mudah : seorang pengguna mengambil gambar -> melakukan posting di akun Instagram -> follower menikmati gambar tersebut. Tidak ada hal lainnya yang dapat dilakukan kecuali memberi komentar, follow, dan like.

Keuntungan Tumblr

Tumblr dapat diibaratkan sebuah situs. Tiap situs Tumblr terdiri dari banyak blog. Anda dapat membuat beberapa blog dengan satu username. Tiap blog mempunyai theme yang dapat Anda pilih, dan dapat mempunyai nama domain sendiri (contoh : www.blogsaya.com).

Untuk melihat Tumblr, para pengunjung tidak memerlukan aplikasi mobile khusus seperti Instagram (walaupun aplikasi Tumblr untuk mobile juga ada). Tumblr dapat diakses seperti layaknya website.

Keuntungan Instagram.

Jika Tumblr mempunyai kelebihan diatas. Maka kekurangan Tumblr adalah pengaturan yang terlalu banyak. Layaknya sebuah situs, banyak pengaturan yang harus Anda set terlebih dahulu. Beda dengan Instagram. Dengan aplikasi yang sudah ditetapkan. Anda hanya perlu melakukan posting foto dan konten pada aplikasi Instagram.

Kesimpulan

Jika Anda ingin mencapai target pasar yang luas dengan waktu yang cepat, gunakanlah Instagram. Karena penggunaannya yang mudah, pengguna Instagram per Januari 2015 adalah :

7% dari total 255.5 juta = 17.885.000 pengguna.

7% dari total 255.5 juta = 17.885.000 pengguna.

Sedangkan Tumblr juga dapat Anda gunakan, karena pasar dari Tumblr adalah pengguna yang memerlukan media sosial yang lebih rumit daripada Instagram (seperti kustomisasi theme, nama domain khusus, dan sebagainya). Tumblr juga dapat Anda manfaatkan untuk situs tempat berbagi informasi tentang bisnis Anda yang lebih lengkap. Dari Instagram, yang kemudian  diarahkan ke Tumblr.

Bagaimana pendapat Anda?

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!