Whatsapp : 0897 04100 89 hello@lunariastudio.com

Pentingnya konten media sosial dan waktu telah dibahas sebelumnya. Apakah ada hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan akun-akun media sosial Anda? Tentu saja!

Hukum Kesabaran

Mengembangkan suatu akun media sosial tentunya membutuhkan waktu dan tentunya kesabaran. Hasil yang bagus dan permanen tidak dapat diraih dalam satu malam. Kembali lagi kesabaran yang diperlukan adalah untuk membuat dan mengembangkan konten yang sesuai dengan produk Anda. Tentunya dapat dipercepat menggunakan jasa pemasaran media sosial dari Lunaria Studio, tetapi kesabaran merupakan hal utama yang harus Anda ingat.

Hukum  Nilai

Ada dua cara pemasaran utama yaitu model hard selling dan soft selling. Jika Anda selalu melakukan hard selling, follower akan merasa konten Anda tidak mempunyai ‘nilai’ lebih. Fokuskan energi Anda untuk membuat konten soft selling dan bangunlah relasi Anda dengan follower.

Hukum Aksesibilitas

Yang sering terjadi pada dunia media sosial adalah, setelah konten diunggah (published), seringkali pembuat konten menghilang tanpa ikut dalam pembicaraan yang terjadi pada bagian komentar. Ikutlah dalam pembicaraan tersebut, balaslah pertanyaan ataupun sekedar memberikan sapaan agar tercipta hubungan baik dengan follower.

Hukum Timbal Balik

Jika Anda mengharapkan para follower menunjukkan konten Anda ke orang lain (share atau repost), pertama-tama Anda harus membahas konten mereka dulu. Cara yang paling mudah adalah dengan menanyakan kepada follower Anda tanggapan mengenai salah satu konten yang telah anda posting. Ajaklah mereka untuk mulai membagikan ide dan saran mereka. Kemudian bahas ide dan saran tersebut. Lakukan interaksi yang akan menjurus kepada pembicaraan yang berkualitas. Dengan ini, follower dapat merasa lebih dekat dengan Anda dan lebih mudah untuk mereka untuk melakukan share atau repost.

Hukum Kualitas

Jika berbicara tentang media sosial, KUALITAS LEBIH PENTING DARIPADA KUANTITAS. 1.000 orang follower yang memang sungguh tertarik dengan konten Anda dan melakukan interaksi jauh lebih bagus daripada 100,000 orang follower yang hanya diam saja. Berlaku juga pada bisnis Anda. REAL PEOPLE = REAL MONEY – FAKE PEOPLE = FAKE MONEY.

Hukum Fokus

Ini merupakan hukum dasar bisnis. Lebih baik Anda mempunyai konten yang spesial berfokus pada satu kategori atau produk daripada konten yang membahas banyak kategori. Gunakanlah akun lain jika Anda mempunyai produk yang sangat berbeda. Dengan lebih fokus, Anda dapat lebih membedakan target pasar Anda.

Hukum Mendengarkan

Mengapa ikut dalam pembicaraan yang terjadi di bagian komentar sangat penting? Karena Anda lebih dapat mengetahui apa keinginan follower Anda. Jika ternyata mereka menyukai konten dengan topik ‘X’, Anda dapat mulai memperbanyak konten dengan topik tersebut. Juga sebaliknya. Hal ini akan berubah dari waktu ke waktu. Pastikanlah Anda ‘mendengarkan’ apa komentar-komentar follower Anda.

Hukum Penggabungan

Untuk segala macam bisnis, media sosial adalah sarana yang sangat baik untuk menyebarkan produk Anda. Tetapi media sosial bukan satu-satunya sarana yang dapat digunakan. Contohnya saja untuk melakukan pembelian, belum ada media sosial yang dapat langsung melakukan click-to-action sebaik situs yang berdiri sendiri. Jika Anda mempunyai situs untuk melakukan pembelian, arahkanlah follower Anda ke situs tersebut. Lakukanlah penggabungan-penggabungan seperti ini. Bisa antar media sosial (pengguna Facebook diarahkan ke Twitter) ataupun media sosial ke suatu situs.

Hukum Pengaruh

Carilah seseorang (sebaiknya juga mempunyai akun media sosial yang Anda pilih) yang berpengaruh pada bidang Anda. Jika Anda mempunyai produk fashion untuk perempuan seperti gelang, sepatu, dan gaun, contohnya pada Instagram, salah satu akun yang berpengaruh adalah akun dari @anazsiantar. Anda dapat melakukan komunikasi dengan influencer tersebut untuk membantu mempromosikan produk Anda. Tentunya pasti ada proses tawar menawar ataupun timbal balik pada proses ini. Juga tidak semua influencer dengan mudah akan menerima tawaran Anda, karena mereka mempunyai standar kualitas produk yang harus dipenuhi.

Hukum Pengakuan

Hampir sama dengan proses interaksi yang harus Anda lakukan dengan follower, banyak follower yang nantinya langsung berinteraksi dengan Anda. Misalnya dengan mengirim private messagedirect message, dan email. Pastikan Anda menyempatkan diri untuk membalas semua interaksi privat tersebut. Karena banyak pilihan yang dapat dipilih untuk melakukan interaksi privat, pastikanlah Anda memberitahu preferensi  Anda agar dapat dibalas dengan cepat.

Bagaimana menurut Anda?

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!