Pembicaraan dan interaksi yang terjadi pada media sosial selayaknya harus diperlakukan seperti yang terjadi pada dunia nyata. Mari kita lihat kembali tujuan utama mengapa Anda melakukan pemasaran melalui media sosial.

Tujuan utamanya adalah Anda ingin banyak orang mengetahui apa yang sedang Anda lakukan. Anda ingin saling berbagi tentang semangat dan gairah Anda. Sama seperti jika Anda mencari pasangan, semua hal tersebut akan sering dibicarakan untuk mengenal satu sama lain. Jika dilihat dari sisi bisnis, maka Anda ingin mengkomunikasian jasa atau produk apa yang sebenarnya Anda tawarkan dengan jelas.

Faktor ke-1 adalah KESAN PERTAMA

Bayangkan Anda baru saja berkenalan dengan seseorang yang ingin Anda jadikan sebagai pasangan hidup. Anda sedang berbincang-bincang, kemudian orang tersebut tiba-tiba mengupil atau melakukan tindakan yang membuat Anda tidak nyaman. Apakah pada saat itu Anda ingin mengenal lebih jauh orang tersebut? Ataukah Anda langsung membuat alasan untuk mengakhiri pembicaraan? Kebanyakan pasti memilih pilihan terakhir karena seseorang tersebut masih dapat dikategorikan sebagai orang asing dan kesan pertama yang didapat tidak baik.

watches

Tampilan arloji seperti etalase

Cerita tersebut dapat diterapkan dalam media sosial yang Anda gunakan. Semisal Anda adalah pembuat arloji (jam tangan) dan menggunakan Instagram sebagai media sosial untuk pemasaran, kemudian Anda hanya melakukan posting di Instagram sehingga terlihat seperti etalase.  Biasanya hal ini dilakukan karena Anda sangat disibukkan dengan hal-hal lain yang juga sama pentingnya. Waktu yang ada terbagi-bagi antara  :

  • Mengembangkan dan membuat produk
  • Melalukan pemasaran lewat media sosial
  • Membuat konten media sosial
  • Membalas komentar pelanggan (dan hal lainnya yang berhubungan dengan customer service)

Apapun alasan Anda, kesan pertama yang Anda berikan jika Instagram Anda terlihat seperti etalase adalah sangat tidak baik. Tidak ada sesuatu yang istimewa dan pastinya tidak akan memberikan perasaan “wah” kepada follower yang berkunjung.

Ada 2 cara untuk memberikan kesan pertama yang baik :

wathcmaker

Aktivitas pembuatan arloji

1. Ubahlah konten dari media sosial Anda. Jangan terpaku pada produk. Berikanlah cerita tentang semangat Anda, passion Anda. Menggunakan contoh diatas, gunakanlah konten gambar ketika Anda sedang membuat sebuah arloji. Apakah perbedaannya sekarang terasa? Konten yang umum tidak dapat memancing interaksi. Lain halnya jika konten yang ada adalah tentang aktifitas Anda. Interaksi berupa pertanyaan dan sanjungan dapat lebih mudah mengalir. Juga membuat follower mengenal lebih dekat diri Anda.

2. Kelola waktu Anda yang sangat padat dengan mulai membagi tugas dengan orang atau pihak lain (jika ada). Contoh saja pemasaran melalui media sosial. Dengan mudahnya Anda dapat menggunakan jasa sosial media Lunaria Studio untuk melakukan proses pemasaran. Dengan membagi tugas, Anda mempunyai lebih banyak waktu yang dapat diluangkan untuk hal-hal yang lebih penting seperti meningkatkan layanan kepada pelanggan.


Faktor ke-2 adalah LAYANAN PELANGGAN

Masih berhubungan dengan contoh diatas. Setelah memberikan kesan pertama yang baik, Anda pasti ingin mengenal lebih jauh orang tersebut. Anda ingin memperbanyak interaksi yang ada. Anda mulai mengirim SMS atau menelpon orang tersebut. Tetapi SMS dibalas 5 hari kemudian dan telpon tidak pernah diangkat. Bagaimana perasaan Anda?

Sama halnya juga dengan layanan kepada pelanggan. Kecepatan dan kualitas dari layanan pelanggan harus sangat bagus! Tetapi, bagaimana caranya? Waktu sudah terlalu padat untuk membereskan hal tersebut. Sekali lagi, Anda dapat memberikan kesibukan lainnya kepada orang lain sehingga mempunyai waktu untuk hal-hal lainnya yang sangat penting.

Bisa jadi Anda seharusnya menghabiskan 50% waktu bekerja untuk menjalin relasi dengan follower (pelanggan) dan memberikan layanan yang baik. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Pelanggan dapat memberikan masukan-masukan untuk bisnis Anda, pelanggan semakin senang karena pelayanan bagus, dan menambah kredibilitas Anda.

Layaknya mencari pasangan, 2 faktor diatas sangat penting untuk memulai dan menjaga hubungan antara Anda dan pelanggan.  Bagaimana menurut Anda? Silahkan memberi komentar dibawah.

Contact Us

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!