Pada saat artikel ini ditulis, kita sedang berada pada tahun 2014. Hal yang paling mencolok? Mobilitas. Dalam artian, seseorang dapat sepenuhnya bergantung pada alat-alat mobile untuk bekerja atau melakukan rekreasi (smartphone, tablet, dan phablet). Komputer desktop lambat laun hanya dipakai untuk kebutuhan kerja. Kebutuhan rekreasi lain seperti : browsing, membeli barang, dan penggunaan media sosial sepenuhnya menggunakan alat-alat mobile.

Sampai disini kemungkinan besar Anda dapat menebak cerita selanjutnya. Kebanyakan proses browsing dilakukan saat seseorang berada pada masa santai dengan menggunakan alat-alat mobile. Jadi sebaiknya, jika Anda memulai membangun bisnis baru atau sedang dalam tahap pengembangan, ingatlah bahwa sistem yang mendukung mobile sangat penting.

Contoh paling mudah adalah sebuah situs. Situs yang mendukung mobile dapat menyesuaikan tampilannya pada layar alat-alat mobile. Jika sebuah situs tidak mendukung hal ini, proses browsing yang dilakukan menjadi sangat tidak nyaman. Tampilan menjadi lebih kecil atau terlalu besar karena tidak dapat menyesuaikan tampilan pada layar.


Berikut tips dan trik untuk memerikasa apakah bisnis Anda mempunyai kondisi yang baik dalam mendukung sistem mobile.

  • Cek situs yang Anda punya. Apakah dapat dibuka di alat-alat mobile secara sempurna? *UPDATE APRIL 2015* proses pengecekan situs dapat dilakukan melalui Google di : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ . Jika belum ada keterangan “Awesome! This page is mobile-friendly.” ,  sempurnakan lagi situs Anda.

Anda tidak perlu membutuhkan bermacam-macam tipe smartphone atau tablet untuk melakukan pengecekan ini. Cukup menggunakan browser pada komputer Anda. Kecilkan atau lebarkan tampilan browser, maka dapat terlihat apakah konten yang ada pada situs dapat menyesuaikan ukurannya dengan lebar browser. Jika bisa, maka situs Anda telah mendukung sistem mobile.

  • Jika dirasa situs kurang efisien dan bisnis Anda sudah mulai berkembang, mulailah merencanakan pembuat aplikasi mobile. Keuntungannya adalah, dengan sekali tekan, seseorang dapat langsung masuk ke dalam layanan Anda.

UPDATE APRIL 2015

Jika sebelumnya membuat website yang mendukung mobile hanya sekedar saran penting, sekarang statusnya berubah menjadi suatu keharusan. Google telah merubah cara menampilkan hasil pencarian pada alat-alat mobile. Jika website Anda telah diberi label “mobile-friendly” oleh Google, maka website Anda akan ditampilkan lebih atas pada hasil pencarian (diprioritaskan) dibandingkan website-website lain yang tidak mendukung mobile.

Contoh website dengan label "mobile-friendly"

Contoh website dengan label “mobile-friendly”

Pin It on Pinterest

Bagikan Artikel

Bagikan artikel ini dengan temanmu!

Sebarkan Bisnis Sahabat 5x Lebih Cepat

Masukkan email untuk bergabung dengan klien-klien Lunaria yang telah berhasil menyebarkan bisnis mereka dan menaikkan penjualan mereka 5x lebih cepat lewat media sosial (Instagram khususnya).

Terima kasih telah bergabung! Tunggu tips berikutnya dari kami!